Whatsapp

Apakah Silica Gel Harus Dibuka Saat Digunakan?

Silica gel adalah sejenis bahan penyerap kelembaban yang terbuat dari natrium silikat dan sangat berguna untuk berbagai aplikasi, seperti sepatu dan tas.

Namun, seringkali muncul pertanyaan apakah silica gel harus dibuka saat digunakan atau tidak? Tidak, Anda tidak harus membuka kemasan silica gel saat digunakan. Hal ini karena silica gel sudah dikemas dalam kertas / plastik khusus yang berpori-pori sehingga tetap bisa menyerap kelembaban. Rinciannya bisa dilihat di artikel ini.

harga silica gel, jual silica gel, beli silica gel

Bagaimana Kemasan Silica Gel?

Silica gel dijual dalam berbagai kemasan dengan berbeda ukuran sesuai kebutuhan. Anda dapat menemukan kemasan silica gel mulai dari 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, hingga 250 gram. Ukuran yang digunakan tergantung pada jumlah kelembaban yang perlu diserap dan ukuran kemasan produk yang akan dilindungi.

Kemasan silica gel umumnya terbuat dari bahan yang berpori-pori seperti kertas atau plastik khusus.

Bahan tersebut dirancang untuk memungkinkan udara dan kelembaban di sekitar produk yang Anda jaga untuk masuk ke dalam silica gel. Ini memungkinkan silica gel untuk menyerap kelembaban tanpa perlu membuka kemasannya.

Apakah Silica Gel Harus Dibuka?

Anda tidak harus membuka kemasan silica gel saat digunakan. Sebenarnya, membuka kemasan silica gel justru dapat merugikan Anda. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya tidak membukanya:

  1. Membuka kemasan dapat membuatnya bercecer: Silica gel seringkali ditempatkan dalam kantong kertas atau kemasan khusus yang memiliki banyak lubang kecil. Jika Anda membuka kemasan ini, butiran-butiran silica gel dapat tersebar di sekitar produk Anda, yang dapat mengganggu atau bahkan merusak produk tersebut.
  2. Tetap efektif dalam kemasan: Silica gel tetap efektif dalam menyerap kelembaban selama tetap terkemas dengan baik. Kemasan berpori khusus yang digunakan pada silica gel memungkinkan proses penyerapan berlangsung tanpa perlu membuka kemasan.
  3. Memudahkan penggunaan: Jika Anda ingin menggunakan silica gel untuk menjaga kekeringan di dalam lemari pakaian, tas, atau tempat penyimpanan lainnya, membiarkan silica gel tetap dalam kemasannya akan memudahkan Anda untuk meletakkannya di tempat yang Anda inginkan. Anda tidak perlu repot-repot mengalihkannya ke wadah lain.
Cara Menggunakan Silica Gel
Menggunakan silica gel untuk sepatu tidak harus membukanya. Cukup letakkan seperti ini, lalu masukkan sepatu ke dalam kotak sepatu yang tertutup

Silica Gel untuk Kebutuhan Industri

Sementara pada kebanyakan kasus penggunaan silica gel dalam kehidupan sehari-hari, kita dianjurkan untuk tidak membuka kemasannya, ada situasi di mana penggunaan silica gel untuk kebutuhan industri memerlukan perlakuan berbeda.

Khususnya untuk pernapasan trafo.

Silica gel digunakan pada trafo pernafasan untuk mengontrol tingkat kelembapan dan mencegahnya memasuki peralatan. Silica gel berguna dalam melindungi minyak transformator dari efek kelembaban yang merusak. Kristal silika gel biru dan manik-manik oranye bekerja efektif dalam aplikasi ini.

Di bawah ini contoh saat silica gel sudah harus diganti segera untuk melindungi oil transformator.

Cara Menggunakan Silica Gel

Namun, dalam industri ini, silica gel biasanya dijual dalam karung-karung besar yang berisi 25 kg, bukan dalam kemasan kertas kecil-kecil seperti yang sering kita temui dalam produk konsumen.

silica gel makanan, silica gel sepatu, jual silica gel terdekat, harga silica gel, silica gel desiccants, toko silica gel terdekat, silica gel untuk sepatu, jual silica gel, silica gel kamera, silica gel biru, silica gel beli dimana, silica gel harga, silica gel untuk kue kering, silica gel packs, silica gel packets, harga silica gel 1 kg, silica gel bandung, jual silica gel kiloan surabaya, silica gel untuk baju, tempat jual silica gel di surabaya, pabrik silica gel, tempat membeli silica gel, toko silica gel, penjual silica gel, jual silica gel di bandung, jual silica gel untuk kamera, jual silica gel jakarta, jual silica gel untuk sepatu, beli silica gel di bandung, harga silica gel makanan, jual silica gel untuk tas dan sepatu, beli silica gel di surabaya, silica gel yang bagus untuk kamera, penjual silica gel di surabaya, distributor silica gel di jakarta, harga silica gel untuk kromatografi kolom, harga silica gel untuk desikator,
Ady Water distributor silica gel terbaik di Indonesia. Untuk beli silica gel kiloan, hubungi kami di 0812 2165 4304
advertise
advertise
advertise
advertise