7 Manfaat Pasir Kuarsa untuk Industri - Apa Manfaat Pasir Kuarsa untuk Filter Air, Sandblast, Metalcasting

7 Manfaat Pasir Kuarsa dalam Berbagai Bidang Industri

Bapak Ibu, Ady Water akan mengajak Bapak Ibu berbincang tentang manfaat pasir kuarsa yang memiliki banyak aplikasi di berbagai bidang industri.

Bagi para pengguna pasir kuarsa produk ini sudah tidak asing kembali.

Baik pasir kuarsa putih, pasir kuarsa coklat, pasir kuarsa Bangka, pasir kuarsa Lampung; belum lagi kuarsa dalam berbagai bentuk selain pasir seperti:

  • Batu Kuarsa
  • Gravel Kuarsa
  • Tepung Kuarsa

Semua ini memiliki manfaat yang besar untuk kebutuhan industri.

manfaat pasir kuarsa untuk industri

Apa keuntungan Bapak Ibu dengan membaca artikel ini? Bapak Ibu akan menjadi lebih paham tentang pasir kuarsa sebagaimana informasi yang diberikan dalam daftar isi berikut.

Daftar Isi Artikel
Darimana Asal Pasir Kuarsa Ditambang?
Bagaimana Proses Produksi Pasir Kuarsa Industrial?
Manfaat Pasir Kuarsa untuk Filter Air Bersih
Fungsi Silica Gel untuk Desiccant / Pengering
Mengapa Silica Gel Berguna dalam Kemasan?
Apa Saja Fungsi Silica Gel pada Kemasan untuk Menjaga Kekeringan Produk?
Panduan Jika Kontak dengan Silica Gel
Harga Silica Gel Sachet untuk Kemasan

Darimana Asal Pasir Kuarsa Ditambang?

Pasir kuarsa merupakan salah satu potensi besar di Indonesia. Melalui data kementrian ESDM, terdapat beberapa wilayah di Indonesia yang memiliki potensi memiliki adanya pasir kuarsa yaitu:

  • Kalimantan Timur
  • Lampung
  • Jawa Barat
  • Sulawesi Tenggara

Bagaimana Proses Produksi Pasir Kuarsa Industrial?

Pasir kuarsa industrial yang Ady Water jual telah melewati berbagai tahapan sampai ke tangan Bapak Ibu dalam kemasan karung yang rapi dan bersih,

Tahapan dari proses penambangan adalah sebagai berikut:

  • Eksplorasi, yaitu mencari potensi-potensi tambang pasir kuarsa dalam jumlah besar
  • Eksploitasi, yaitu penambangan pasir kuarsa dengan cara basah (hydraulic mining) atau cara kering (alluvial mine)
  • Pengolahan, yaitu pasir kuarsa ini dikeringkan dan diletakkan pada stockpile untuk menghilangkan tanah dan pengotor. Setelah itu pasir kuarsa disieve dalam ukuran-ukuran seragam standar industri
  • Pengangkutan dan distribusi, yaitu pengemasan pasir silika dalam kemasan karung 50 kilogram per ukuran seragam dan sampai ke tempat Bapak Ibu sudah siap pakai.

manfaat pasir kuarsa, harga pasir kuarsa per kg, per karung, per ton, murah filter air

Manfaat Pasir Kuarsa untuk Filter Air Bersih

Kuarsa (pasir kuarsa) adalah mineral silikat yang keras, tahan aus dan stabil, yang komponen utamanya adalah SiO2 atau silicon dioksida.

  • Kuarsa (pasir kuarsa) memiliki karakter sebagai berikut:
  • Warna putih atau tidak berwarna tembus
  • Kekerasan 7 skala mohs
  • Tidak ada belahan
  • Densitas relatif 2,65
  • Tidak larut dalam asam
  • Sedikit larut dalam larutan KOH
  • Titik leleh 1750 C

Bagaimana sistem penyaringan air untuk air bersih menggunakan pasir kuarsa?

Pada tekanan tertentu, jika kekeruhan air yang lebih tinggi melewati kuarsa, ia akan menghilangkan padatan tersuspensi (TSS), bahan organik, partikel koloid, mikroorganisme, klorin, bau dan beberapa berat ion logam secara efektif.

Caranya adalah pasir kuarsa diletakkan di atas lapisan pendukung kerikil / gravel di dalam tangki / wadah penyaring.

Air yang masuk memasuki filter dan bermigrasi melalui pasir silika, sehingga berhasil menghilangkan kotoran padat atau bahkan kotoran dari air.

Karena keunikannya dalam hal sifat-sifatnya, pasir silika biasanya digunakan untuk penyaringan air dalam berbagai aplikasi yang mencakup renang dan rekreasi, pemrosesan kertas, pembangkit listrik, pemrosesan kimia, dan portabel serta pengolahan air limbah.

Instalasi pengolahan air akan melengkapi kuarsa yang berbeda (ukuran atau mesh berbeda), tergantung pada produksi air.

Sistem penyaringan air bersih menggunakan pasir kuarsa ini tergolong metode yang sudah lama namun hingga kini masih efektif.

Tercatat paling awal penggunaan pasir kuarsa sebagai sistem penyaringan air telah ditelusuri kembali ke tahun 1804 ketika seorang pria bernama John Gibb, mampu merancang serta memasang filter eksperimental.

Cara penyaringan yang unik ini harus disempurnakan selama tahun-tahun berikutnya dan memuncak dengan pemasangan pasokan air publik global pertama oleh James Simpson untuk perusahaan Chelsea Waterworks pada tahun 1829.

Air bersih digunakan untuk berbagai proses pada industri. Air bersih digunakan untuk pembilasan, pencucian, sebagai bahan campuran, hingga untuk kebutuhan sanitasi dan higiene karyawan.

Ady Water bisa suplai pasir silika up to ratusan ton per bulan untuk kebutuhan industri Bapak Ibu.

Manfaat Pasir Kuarsa untuk Filter Air Minum

Selain untuk menghasilkan air bersih, pasir kuarsa juga digunakan untuk menghasilkan air minum.

Pasir kuarsa lagi-lagi digunakan karena sifatnya yang mampu untuk menghilangkan kekeruhan, partikel tersuspensi, dan juga menyaring partikel makro seperti lumpur atau lumut.

Proses ini dinamakan sebagai pre-filter, umumnya adalah pengondisian air sebelum masuk ke proses filtrasi yang lebih halus lagi.

Setelah air baku melewati tahapan pre-filter umumnya menggunakan pasir kuarsa, karbon aktif, pasir aktif, zeolit atau resin kation anion, air melalui tahapan reverse osmosis.

Reverse osmosis atau osmosis terbalik menyaring hampir 99% mineral yang masih terkandung di dalam air menghasilkan air murni.

Air kemudian melewati tahapan sterilisasi / disinfeksi menggunakan lampu Ultraviolet yang aman karena sama sekali tidak menggunakan chemical.

Air yang melewati tahapan filter dan sterilisasi ini aman untuk diminum dan juga menjadi standar industri AMDK untuk memenuhi regulasi tentang air minum yang aman dan sehat.

Untuk filter air minum di industri, digunakan sistem rapid sand filter, yaitu penggunaan tekanan untuk memperbesar debit aliran air masuk dan keluar filter.

manfaat pasir kuarsa untuk industri, jual pasir kuarsa filter air, pasir kuarsa sandblasting

Manfaat Pasir Kuarsa untuk Sandblasting

Pasir Kuarsa digunakan untuk Sandblasting, yaitu proses untuk penembakan partikel abrasif bertujuan untuk membersihkan suatu permukaan.

Sebagai contoh, salah satu klien Ady Water yaitu industri reparasi dan modif khusus mobil mewah pernah memesan pasir sandblasting ini.

Pasir sandblasting digunakan untuk membersihkan noda,cat, karat, ataupun deposit yang terakumulasi pada permukaan menggunakan tembakan pasir abrasif bertekanan tinggi.

Metode sandblasting ini sangat menghemat waktu sehingga proses pengerjaan pembersihan menjadi efisien dan juga murah.

Pasir sandblast yang telah digunakan tidak bisa digunakan kembali karena ia akan pecah, sehingga Bapak Ibu membutuhkan supplier pasir sandblast yang bisa rutin menyuplai kebutuhan pasir sandblast sesuai estimasi persediaan industri Bapak Ibu.

Ady Water jual pasir kuarsa untuk sandblast atau sandblasting.

Ada satu tipe lagi yaitu pasir garnet yang lebih aman digunakan untuk sandblast.

Untuk ukurannya, ada mesh 30-60 yang biasa digunakan untuk sandblast, atau jika Bapak Ibu memiliki preferensi untuk ukuran pasir sandblast yang dibutuhkan, silakan kontak Ady Water untuk mengecek persediaan.

Manfaat Pasir Kuarsa untuk Material Bed Boiler

Ada alasan mengapa pasir kuarsa sering digunakan sebagai material bed boiler untuk industri.

Karakter pasir silika yang memiliki distribusi panas yang baik meningkatkan efisiensi pembakaran.

Dalam reaktor terfluidisasi, partikel padat, kecil, inert yaitu pasir silika digunakan sebagai media transfer panas dan penyimpan panas, yang disebut “bed material”.

Inert sendiri adalah istilah untuk menunjukkan bahwa material ini sulit bereaksi dengan material lain, sehingga bagus untuk digunakan sebagai bed material.

Prinsip lapisan terfluidisasi adalah memindahkan bahan lapisan dengan kekuatan gas yang mengalir melalui bahan lapisan pada kisaran kecepatan yang sesuai.

Manfaat Pasir Kuasra untuk Pengolahan Air Limbah

Pasir kuarsa digunakan dengan baik untuk kebutuhan IPAL atau Instalasi Pengolahan Air Limbah / WWTP atau Waste Water Treatment Plant.

Salah satu penelitian yang membuktikan efektivitas pasir silika sebagai filtrasi pasir sebagai komponen sistem pengolahan air limbah pertanian kentang.

Dua desain saringan pasir yang berbeda, aliran jenuh dan aliran tak jenuh, dievaluasi pada tiga tingkat pembebanan yang berbeda: 34, 68, dan 136 L m(-2) d(-1).

Desain filter memiliki pengaruh yang signifikan, dengan filter pasir aliran tak jenuh memiliki penyisihan total padatan tersuspensi (TSS) yang lebih baik secara signifikan (p <0,05) (89%) daripada filter pasir aliran jenuh (79%).

Laju pemuatan juga memiliki pengaruh yang signifikan (p <0,05), mengingat bahwa laju pemuatan terendah memiliki penyisihan massa yang lebih tinggi untuk TSS daripada laju pemuatan yang lebih tinggi.

Secara keseluruhan, semua saringan pasir menghilangkan TSS, 5-d BOD, dan fosfor total dengan nilai yang besar (62-99%). 

Manfaat Pasir Kuarsa untuk Pembentukan Lapangan Olahraga

Pasir kuarsa halus juga digunakan untuk kebutuhan pembangunan / pembentukan lapangan olahraga.

Sebagai contoh adalah lapangan golf. Pada lapangan golf, terdapat area-area pasir sebagai suatu tantangan untuk para pemain golf.

Pasir pada lapangan gold ini menggunakan pasir silika, yaitu pasir silika halus yang bersih, sehingga indah dipandang.

Pasir silika juga digunakan untuk pembangunan lapangan futsal.

Alas lapangan futsal salah satunya adalah menggunakan bahan campuran pasir silika.

Selain itu, pasir silika juga digunakan untuk kebutuhan venue lompat jauh, dimana para atlit akan melompat dan mendarat pada pasir tersebut.

Oleh karena itu penting mempertimbangkan ukuran mesh pasir silika yang Bapak Ibu butuhkan.

Manfaat Pasir Kuarsa untuk Metalcasting

Pasir kuarsa adalah bahan dasar cetakan penting untuk pengecoran pasir, pengecoran shell, dan untuk produksi inti pasir dan penutup.

Dengan menambahkan bahan yang relevan selama pengkondisian pasir di pengecoran, cetakan dan campuran coresand dibuat. Ini disebut bahan cetakan / moulding.

Mengapa menggunakan pasir kuarsa untuk metalcasting?

Kesesuaian butir kuarsa sebagai bahan cetakan terutama ditentukan oleh kandungan SiO2.

Semakin tinggi kandungannya, yaitu semakin sedikit penambahan senyawa dengan titik leleh rendah, pasir akan berperilaku lebih baik terhadap beban termal yang tinggi.

Secara umum, nilai referensi untuk kandungan SiO2 berada di antara 94 dan > 99 persen

Ady Water jual pasir kuarsa dengan tingkat SiO2 min 98,5%, sudah ada hasil uji lab dan sertifikat dari Sucofindo sebagai bukti.

Ady Water Distributor Pasir Kuarsa untuk Industri

Ady Water telah suplai pasir kuarsa untuk industri di Bandung, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan berbagai kota di seluruh Indonesia.

Jika Bapak Ibu mau ambil langsung pasir silika dari gudang kami, silakan datang ke:

Kantor Pusat Bandung:

Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Kantor Cabang Jakarta:

Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 4, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480

Kantor Cabang Jakarta 2:

Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.15/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830

Kami juga bisa mengirimkan pasir kuarsa dalam jumlah besar seperti 4 ton, 8 ton, 12 ton, 16 ton, 20 ton ke tempat Bapak Ibu sekalian.

Hubungi Ady Water di 0812 2165 4304

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK DENGAN MENGISI FORMULIR INI