MENGENAL SILIKA GEL

APA ITU SILIKA GEL?

Ketika kita membeli barang-barang baik itu barAng-barang elektronik, fesyen, peralatan rumah tangga, obat-obatan, dan bahkan makanan, kadang kita menemukan sebuah bungkusan kecil di dalam kemasannya. Ketika bungkusan itu kita buka maka kita akan menemukan butiran-butian kecil mirip manik-manik atau kaca, nah butiran itulah yang disebut dengan silica gel atau gel silika.

Silika gel dibuat melalui serangkaian proses kimia dengan bahan utama natrium silikat. Walaupun namanya gel, namun benda ini memiliki bentuk yang padat dengan jutaan rongga kecil yang tersebar di seluruh permukaannya.

Silika gel terbuat dari natrium silikat mengalami proses pemurnian dan penggumpalan. Dari proses ini, sol yang berbentuk kenyal seperti agar-agar dapat dihidrasi secara maksimal dan berubah bentuk menjadi padatan mirip kaca yang solid (tidak elastis).

Bentuknya yang kecil dan praktis serta sifatnya sebagai agen pengering karena memiliki kemampuan yang tinggi dalam menyerap molekul-molekul air dan mencegah terjadinya kelembapan berlebih. Maka, banyak perusahaan yang menambahkan kemasan kecil silika gel kedalam produk mereka. 

jual silica gel jual silica gel terdekat jual silica gel kiloan jual silica gel untuk kamera jual silica gel untuk makanan jual silica gel untuk sepatu harga silica gel harga silica gel kiloan harga silica gel untuk makanan


Silika Gel Biru dan Silika Natural

Selain silika putih yang umum digunakan dalam berbagai industri, ternyata ada jenis silika lainnya juga loh diantaranya adalah silika gel biru dan silika natural. 

Silika gel biru memiliki warna biru yang khas, silika jenis ini dulu mungkin kerap kita temukan dalam beberapa jenis produk tertentu. Namun saat ini penggunaannya telah dibatasi dengan sangat ketat dan tidak boleh digunakan untuk makanan.

Selanjutnya adalah silika natural yang terbuat dari beberapa mineral alami yang dihancurkan kemudian dikemas dalam kertaskusus yang bersifat semi permeable. 

Silika natural memiliki karakter yang hampir sama dengan silika gel putih, yakni tidak berasa, tidak berbau, hydrophilic aktif. Sehingga sering juga digunakan sebagai alternatif penyerap kelembapan.

Produk-Produk Yang Memanfaatkan Silika Gel

Silika gel (khususnya silika gel putih dan alami) merupakan produk yang hampir tidak memiliki efek samping dan bahaya saat digunakan. Itulah sebabnya kita dapat menemukannya hampir disemua produk bahkan pada produk makanan dan juga obat-obatan. Terlebih silika gel mampu menyerap kelembapan udara tanpa mengubah bentuk fisik benda.

Pada produk berbahan dasar kulit seperti sepatu, tas, ikat pinggang dan jaket, kelembapan bisa memicu tumbuh dan berkembangbiaknya jamur yang pada akhirnya mampu merusak produk.

Dalam produk makanan-makanan kering, kelembapan udara bisa menyebabkan ledakan pertumbuhan mikro organisme dan jamur. Tentu saja hal ini dapat merusak kualitas makanan dan bahkan bisa menyebabkan pembusukan dan keracunan.

Pada umumnya, produk-produk elektronik sangat rentan terhadap kondensasi. Karena kondensai pada alat elektronik menjadi salah satu penyebab utama terjadinya korsleting. Kondensasi mampu menghasilkan embun dalam board unit alat elektronik, yang pada akhirnya berakibat fatal dan merusak alat tersebut.

Silika gel sangat bermanfaat dalam menjaga kualitas obat-obatan berbentuk pil. Jika di dalam botol obat-obatan mengandung uap air, perubahan suhu ekstrim mampu mengubah uap air tersebut menjadi embun. Jika dibiarkan begitu saja, maka tentu saja embun tersebut akan merusak pil.

Cara Kerja Silika Gel

Kemampuan silika gel dapat menyerap partikel air sekitar 40 % dari beratnya. Serta dapat mengurangi kelembapan relatir sekitar 40 % dalam wadah yang tertutup. Demikian adalah cara kerja silika gel;

Silica gel yang siap diaplikasikan memiliki warna bening dan bentuk kecil. Ketika silika gel tersebut diletakkan dalam sebuah ruangan dengan kelembapan yang tinggi, maka partikel air dalam udara akan diserap melalui rongga-rongganya yang berukuran nanometer.

Setelah partikel air diserap secara maksimal, maka warna silika gel akan berubah. Bentuknya yang kecil juga akan berubah menjadi besar. Hal ini menandakan bahwa butiran silika gel telah mencapai ambang maksimal dalam menyerap partikel air dan tak mampu menyerap partikel air lagi.

Untuk mengembalikan kemampuannya, maka perlu dilakukan upaya regenerasi. Yakni dengan mengubah suhu silika gel, bisa dengan memasukkannya ke dalam mesin oven. Panas yang dihasilkan mesin oven membuat partikel air menguap kembali, di saat yang bersamaan bentuk silika gel akan kembali mengecil dan warnanya akan kembali menjadi biru. Silika gel dapat digunakan kembali setelah dipanaskan dengan suhu 300 derajat selsius. 


FAQ mengenai silica gel untuk Pakaian

Apa itu silica gel dan apa hubungannya dengan pakaian?

Silica gel adalah zat pengering yang sering digunakan untuk menjaga kelembaban di sekitar produk dan barang-barang sensitif terhadap kelembapan, termasuk pakaian. Silica gel mampu menyerap kelembapan dari udara, sehingga membantu mencegah kerusakan akibat kelembapan pada pakaian.


Bagaimana cara kerja silica gel pada pakaian?

Silica gel memiliki struktur pori-pori yang besar, yang mampu menyerap dan menyimpan air. Ketika ditempatkan di dalam kemasan atau kotak pakaian, silica gel akan menyerap kelembapan dari udara di sekitarnya, menjaga pakaian tetap kering dan bebas dari jamur, bau tak sedap, atau kerusakan lain yang disebabkan oleh kelembapan.


Mengapa penting untuk menggunakan silica gel pada pakaian?

Penggunaan silica gel pada pakaian sangat penting karena mampu menjaga kualitas dan keawetan pakaian. Pakaian yang terkena kelembapan berlebihan rentan terhadap pertumbuhan jamur, bau tak sedap, dan kerusakan akibat lembab. Silica gel membantu mencegah hal-hal tersebut dengan menjaga pakaian tetap kering dan segar.


Bagaimana cara menggunakan silica gel pada pakaian?

Silica gel biasanya tersedia dalam bentuk kantong atau sachet kecil. Tempatkan sachet silica gel di dalam kemasan atau kotak pakaian. Pastikan untuk tidak melepas sachet silica gel dari kemasannya karena pengemasan melindungi pakaian dari partikel silica gel yang mungkin bisa terlepas.


Apakah silica gel aman digunakan pada pakaian?

Ya, silica gel aman digunakan pada pakaian. Silica gel tidak beracun dan tidak berbahaya bagi manusia. Namun, jangan mengonsumsinya karena bukan untuk dikonsumsi. Jaga agar silica gel tidak terkena mata, hidung, atau tenggorokan. Jika tertelan, segera cari bantuan medis.


Berapa lama silica gel dapat bertahan sebelum perlu diganti?

Lama daya serap silica gel tergantung pada kelembapan di sekitarnya. Jika kelembapan tinggi, silica gel akan jenuh lebih cepat. Silica gel perlu diganti ketika warnanya berubah menjadi merah atau ketika tidak lagi menyerap kelembapan. Disarankan untuk mengganti silica gel setidaknya setiap beberapa bulan atau sesuai petunjuk pada kemasannya.


Dapatkah silica gel digunakan kembali setelah jenuh?

Ya, silica gel dapat diperbarui untuk digunakan kembali. Untuk memperbarui silica gel, panaskan di oven pada suhu rendah (sekitar 100 derajat Celsius) selama beberapa jam hingga kembali ke warna semula. Namun, penting untuk memeriksa petunjuk penggunaan pada kemasan silica gel karena beberapa produk mungkin memiliki instruksi khusus.


Di mana saya dapat membeli silica gel untuk pakaian?

Silica gel biasanya tersedia di Ady Water.


Apakah ada ukuran atau jenis silica gel yang lebih baik untuk pakaian?

Silica gel tersedia dalam berbagai ukuran dan jenis. Untuk penggunaan pada pakaian, sachet silica gel kecil atau kantong dengan kapasitas penyerapan yang sesuai sudah cukup efektif. Pastikan untuk memilih silica gel yang dirancang khusus untuk penggunaan pada pakaian.


Apakah silica gel hanya untuk pakaian yang baru diproduksi?

Tidak, silica gel dapat digunakan untuk pakaian baru maupun yang sudah digunakan. Penggunaan silica gel pada pakaian yang sudah digunakan dapat membantu menjaga kualitasnya selama penyimpanan atau saat tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.


Apakah silica gel dapat digunakan untuk semua jenis pakaian?

Ya, silica gel dapat digunakan untuk semua jenis pakaian, baik itu pakaian berbahan katun, linen, sutra, wol, atau serat sintetis lainnya. Ini membantu menjaga kelembutan, keawetan, dan kebersihan pakaian secara umum.


Apakah saya perlu menggunakan silica gel jika saya menyimpan pakaian dalam lemari dengan pengaturan kelembapan yang baik?

Meskipun pengaturan kelembapan yang baik dalam lemari dapat membantu menjaga kelembapan rendah, penggunaan silica gel tetap dianjurkan. Hal ini karena ada faktor-faktor eksternal seperti kelembapan luar ruangan, fluktuasi suhu, atau bahkan kebocoran kelembapan yang mungkin terjadi. Silica gel akan memberikan perlindungan tambahan untuk pakaian Anda.


Apakah silica gel dapat digunakan untuk pakaian yang memiliki hiasan atau aksesori?

Silica gel aman digunakan pada pakaian yang memiliki hiasan atau aksesori, seperti manik-manik, payet, atau perhiasan yang melekat pada pakaian. Namun, pastikan silica gel tidak langsung bersentuhan dengan hiasan tersebut dan letakkan sachet dengan hati-hati agar tidak merusak atau menggores pakaian.


Kami Menyediakan Silika Gel Berkualitas

Bagi Anda yang membutuhkan silika gel dengan kualitas terbaik untuk kebutuhan pribadi, perusahaan atau industri, kini tak perlu khawatir. Karena kami dari Ady water menyediakan silika gel dengan kualitas terbaik untuk Anda.

Dengan minimal pembelian sebanyak 1 kg dan ukuran sachet yang berfariasi tentu ini akan semakin mempermudah urusan Anda. Kami menyediakan silika gel dengan beberapa fariasi ukuran diantaranya 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram, 500 gram, 1 kilogram.

Bagi Anda yang membutuhkan silika gel kualitas curah kami juga sudah menyediakannya dalam kemasan karung, dengan ukuran 25 kilogam perkarung. Tunggu apa lagi? Silahkan datang ke kantor kami untuk informasi lebih lanjut.

Jual Silika Gel Bandung

Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Jual Silika Gel Jakarta

Alamat Jakarta Timur Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.15/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830

Jual Silika Gel Terbaik

Alamat Jakarta Barat Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 4, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480

Ady water telah dipercaya beberapa perusahan untuk memenuhi kebutuhan silika gel mereka. Untuk kebutuhan makanan, kami juga menyediakan silika gel dengan kualitas food grade, sehingga lebih aman. 

Untuk keterangan lebih lanjut, Anda bisa menghubungi marketing kami:

Ghani 0821 2742 4060

Yanuar 0812 2165 4304

Rusmana 0821 2742 3050

Jangan ragu, segera hubungi kami! 

Demikian ulasan terkait silika gel yang telah dihimpun oleh tim Ady Water. Tentu menarik dan menambah wawasan kita semua bukan? Semoga bermanfaat untuk kita semua.



 


silica gel makanan, silica gel sepatu, jual silica gel terdekat, harga silica gel, silica gel desiccants, toko silica gel terdekat, silica gel untuk sepatu, jual silica gel, silica gel kamera, silica gel biru, silica gel beli dimana, silica gel harga, silica gel untuk kue kering, silica gel packs, silica gel packets, harga silica gel 1 kg, silica gel bandung, jual silica gel kiloan surabaya, silica gel untuk baju, tempat jual silica gel di surabaya, pabrik silica gel, tempat membeli silica gel, toko silica gel, penjual silica gel, jual silica gel di bandung, jual silica gel untuk kamera, jual silica gel jakarta, jual silica gel untuk sepatu, beli silica gel di bandung, harga silica gel makanan, jual silica gel untuk tas dan sepatu, beli silica gel di surabaya, silica gel yang bagus untuk kamera, penjual silica gel di surabaya, distributor silica gel di jakarta, harga silica gel untuk kromatografi kolom, harga silica gel untuk desikator,

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK DENGAN MENGISI FORMULIR INI