Whatsapp

MENGENAL PASIR GARNET SEBAGAI MEDIA SANDBLASTING

MENGENAL PASIR GARNET

Garnet merupakan salah satu mineral pembentuk batuan silikat yang penting dan dapat ditemukan di hampir semua jenis batuan. Akan tetapi sangat jarang atau hampir tidak pernah menjadi komposisi mayoritas massa batuan. Garnet juga merupakan mineral umum yang dapat di temukan dalam semua jenis pasir, namun biasanya jumlahnya sangat sedikit.

Seiring berjalannya waktu, pemanfaatan garnet dalam bentuk pasir telah merambah ke dunia industri. Sejak saat itu produksi pasir garnet secara masal dalam skala besar dimulai. Akibatnya, laju permintaan pasar dan kebutuhan pasir garnet setiap tahun kian meningkat.

Garnet sendiri adalah mineral silikat homogen yang memiliki karakterisktik yang unik. Garnet memiliki sifat non higroskopi atau tidak dapat menyerap air dengan baik. Disamping itu garnet juga memiliki karakteristik yang lain yakni:

- Lembam, memiliki struktur kimia yang stabil.

- Tak larut dalam air, memiliki skala kekerasan yang tinggi.

-  Berbentuk tajam dan memiliki tingkat abrasifitas tinggi, tingkat kekerasannya antara 6 hingga 7,5 pada skala Mohs.

- Tidak mengandung zat kimia bebas dan ramah lingkungan.

Karena berbagai karakteristik yang dimilikinya, pasir garnet kini semakin banyak digunakan dalam dunia industri.

Ukuran pasir sandblasting Kebutuhan pasir untuk sandblasting Pasir untuk sandblasting Fungsi sandblasting Standar sandblasting Jenis pasir sandblasting Bahan pasir sandblasting Material sandblasting Bahan untuk sandblasting
Komposisi Kimia dan Ciri Fisik Pasir Garnet

Inilah komposisi kimia penyusun pasir garnet:

- SiO2  (Silikon Oksida)   34 - 40% 

Fe2O(Besi Oksida; alfa Fe2O3 )  17 - 21 %

- CaO  (Kalsium Oksida)  1 - 10 %

Al2O3  (Alumunium Oksida)  17 - 21%

- MgO  (Magnesium Oksida)   5 - 6%

- MnO (Manganase Oxide) 0 - 1 %

Ciri fisik pasir garnet:

- Masa Jenis : 3,8 - 4,1 g/cm3

- Kekerasan : 7,5 - 8,0 Mohs

- Bobot Jenis Ruahan : 1,8 - 2,1 g/cm3

- Titik Leleh 1.300 ℃

Pasir Garnet Dalam Dunia Industri

Amerika Serikat merupakan negara konsumen garnet terbesar di dunia. Di tahun 2004, industri Amerika menghabiskan sekitar 58.600 t. Tak heran jika pasir jenis ini kini menjadi salah satu komoditi yang patut diperhitungkan dalam dunia industri.

Nilai industri garnet sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah jumlah cadangan garnet, ukuran gpasir garnet, jenis dan kualitas  garnet, serta faktor-faktor yang lain.

Adapun beberapa industri memanfaatkan pasir garnet dalam beberapa bidang berikut ini.

1. Sebagai media sandblasting

Karakteristiknya yang unik dan sifatnya yang abrasif membuat pasir ini dijadikan pilihan banyak industri sebagai media sandblasting yang efektif. Karena struktur kimia yang stabil (lembam), pasir garnet mampu mengurangi hasil sampingan berupa debu dengan sangat rendah saat dijadikan sebagai media sandblasting.

Pamor pasir garnet sebagai media sandblasting kian meningkat sejak diadakan beberapa penelitian terhadap penggunaannya dalam sandblasting. Beberapa riset menyatakan bahwa pasir jenis ini selain memiliki efektivitas yang tinggi, juga ramah terhadap lingkungan. Selain itu residu yang dihasilkan sangat sedikit dan tidak berbahaya bagi kesehatan.

2. Sebagai media high pressure water jet cutting

Pada umumnya untuk memotong suatu benda atau media, kita membutuhkan logam dengan ujung yang tajam. Beberapa bidang industri menggunakan pasir garnet sebagai media jet cutting. 

Sand jet cutting adalah sebuah metode memotong sebuah benda atau bidang kerja dengan cara menembakkan pasir bersama air dengan tekanan dan kecepatan tinggi. Proses ini menggunakan mesin khusus yang disebut sebagai high pressure water jet cutting mechine.

3. Media penyaring air

Selain digunakan sebagai media sandblasting dan jet cutting, pasir garnet juga kerap dijadikan sebagai media penyaring air. Bersama media yang lainnya butiran pasir garnet dimasukkan ke dalam mesin penyaring air. Namun demikian, penggunaan pasir garnet sebagai media penyaring air sangat jarang ditemui, karena tingkat efektifitasnya cukup rendah.

Keunggulan Pasir Garnet Sebagai Media Sandblasting

Pasing Garnet dalam dunia industri sering digunakan sebagai media sandblasting. Tentu saja hal ini tidak luput dari karakteristik dan sifat abrasifnya yang menonjol. Namun demikian ada beberapa keunggulan pasir garnet sebagai media sandblasting, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Lebih aman

Ada banyak jenis pasir yang telah digunakan dalam metode sandblasting. Namun sebagian besar menghasilkan sisa produksi berupa debu. Hal ini tentu saja akan membahayakan kesehatan para pekerja yang menghirupnya. Salah satu keunggulan pasir garnet adalah mampu menekan produksi debu saat digunakan dalam proses sandblasting, sehingga sangat efektif dan tidak berbahaya bagi kesehatan.

2. Tidak beracun

Pasir garnet merupakan senyawa alam yang bersifat tidak beracun. Sehingga resiko keracunan atau penyakit yang ditimbulkannya saat digunakan sebagai media sandblasting sangat minim. Namun demikian para pekerja hendaknya tetap berjaga-jaga dengan menggunakan perlengkapan keamanan kerja yang lengkap.

3. Lebih hemat

Pasir garnet memiliki karakter abrasif yang tinggi serta menghasilkan sisa produksi yang minim. Sehingga penggunaannya sangat tepat dan mampu menghemat biaya produksi.

Dimana Tempat Menjual Pasir Garnet?

Jika merasa cocok dengan pasir garnet dan merasa bingung untuk mendapatkannya, maka kami siap membantu Anda. Kami dari Ady Water telah dipercaya puluhan tahun oleh puluhan persahaan dalam menyediakan kebutuhan pasir garnet untuk media sandblasting.

Untuk itu Anda bisa datang ke kantor kami:

Jual Pasir Sandblasting Bandung

Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Jual Pasir Sandblasting Jakarta

Alamat Jakarta Timur Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.15/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830

Jual Pasir Sandblasting Terbaik

Alamat Jakarta Barat Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 4, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480

Untuk pertanyaan lebih lanjut, Anda bisa menghubungi marketing kami:

Ghani 0821 2742 4060

Yanuar 0812 2165 4304

Rusmana 0821 2742 3050

Jangan ragu, segera hubungi kami! 

Demikian adalah beberapa ulasan mengenai pasir garnet dan fungsinya sebagai media sandblasting. Semoga ulasan ini mampu menambah pengetahun kita semua.




advertise
advertise
advertise
advertise