Whatsapp

MANFAAT ZEOLIT UNTUK BIDANG PERTANIAN

MENGENAL ZEOLIT

Nama Zeolit terdiri dari dua kata yakni zein yang berarti mendidih dan lithos yang berarti batuan. Dikenal dengan luas sebagai zeolit karena mineral ini bisa mendidih atau mengembang saat dipanaskan. 

Secara struktural zeolit termasuk mineral alumina silikat yang tersusun dari senyawa AlO4 dan SiO4. Gabungan keduanya dapat membentuk struktur bermuatan negatif dan memiliki pori-pori yang banyak.

Secara garis besar zeolit dikelompokkan dalam dua jenis yakni zeolit alam dan zeolit sintetik. Zeolit alam dapat ditemukan di alam dan biasanya mengandung ion K+ , Na+ , Ca2+ dan atau Mg2+. Sedangkan zeolit sintetik adalah zeolit buatan yang hanya mengandung ion K+ atau Na+.

harga zeolit harga zeolit per kg harga zeolit filter harga zeolit alam harga zeolit bubuk harga zeolit alam per kg harga zeolit per sak harga zeolit untuk filter air harga zeolit powder jual batu zeolit jual zeolit jual pasir zeolit


Persiapan Penggunaan Zeolit

Zeolit kerap digunakan dalam bidang industri sebagai agen penyerap, pemisah dan katalisator. Namun sebelum digunakan zeolit memerlukan treatmen untuk mengaktifkannya. 

Aktivasi zeolit dilakukan melalui dua cara yakni secara fisika dan secara kimia. Keduanya memiliki tujuan yang sama yakni untuk mengaktifkan dan menghilangkan senyawa-senyawa kimia pengotornya, agar kemampuannya bisa optimal saat diaplikasikan.

Secara fisika, salah satu cara pengaktifannya dengan cara dipanaskan. Zeolit dipanaskan dengan suhu 300-400 derajat selsius agar molekul air yang terserap dalam pori-porinya dapat terlepas.

Pada suhu 300-400 derajat selsius molekul air terlepas keluar dari pori-pori zeolit, sehingga zeolit dapat menyerap gas atau cairan. 

Aktivasi secara kimia dilakukan dengan penambahan pereaksi kimia kepada zeolit. Kedua zat tersebut adalah zat asam atau zat basa, (misal NaOH dan H2SO4). Aktivasi dengan cara ini pada umumnya bertujuan untuk menghilangkan zat-zat pengotor anorganik yang menempel.

Zeolit dalam Bidan Pertanian

Dalam dunia pertanian zeolit dikenal sebagai bahan yang mampu memperbaiki sifat-sifat tanah. Hal ini ternyata juga sangat berpengaruh terhadap efesiensi penggunaan pupuk.

Penggunaan zeolit sebagai pembenah tanah dapat diaplikasikan secara langsung ke tanah. Pada jenis-jenis tanah yang memiliki KTK (Kapasitas Pertukaran Kation) yang sangat rendah seperti tanah Podsolik, tanah berpasir dan tanah Oksisol, pemberian zeolit terbukti mampu meningkatkan KTK tanah. Disamping itu pengaplikasian semacam ini ternyata mampu mempertahankan kualitas tanah dlam jangka waktu yang panjang.

Pengaplikasian zeolit sebagaimana penjelasan di atas tidaklah populer di Indonesia, karena pada prakteknya membutuhkan biaya yang cukup mahal. Dalam pengaplikasian zeolit sebagai bahan pembenah tanah, unsur zeolit yang dibutuhkan cukup banyak, dengan rata-rata standar untuk pengaplikasian tanah satu hektar dibutuhkan jumlah zeolit kurang lebih 10-20 ton.

Di Indonesia pengaplikasian zeolit biasanya digunakan sebagai campuran pupuk. Zeolit biasanya langsung dicampurkan dengan pupuk (khusunya urea) sebelum diaplikasikan dengan cara ditabutkan ke lahan pertanian. Saran komposisi campuran yang direkomendasikan antara urea dan zeolit adalah 1 : 1.

Selain pengaplikasian di atas, biasanya zeolit telah dicampurkan dengan pupuk urea sebelum proses pembuatan pupuk urea granul. Standar komposisi zeolit yang telah banyak digunakan oleh banyak industri pupuk adalah 30%. Dengan demikian penggunaan zeolit dapat dihemat dengan siknifikan.

Alternatif selanjutnya adalah dengan mencampurkan zeolit dengan bahan-bahan pupuk kompos sebelum proses pengomposan. Zeolit mampu meningkatkan kualitas kompos serta secara siknifikan mengurangi bau kompos disaat terjadi proses dekomposisi. Jumlah zeolit yang dicampurkan dalam kompos berkisar antara 10-30% dari bahan kompos.

Dari semua cara yang terdapat di atas, cara yang terakhir adalah yang terbaik. Yakni dengan mencampurkan zeolit dapam bahan kompos dan diaplikasikan pada lahan pertanian.

Karena pemberian kompos yang mengandung zeolit dapat meningkatkan kualitas tanah dalam jagka panjang. Selain itu pemberian kompos adalah cara yang sangat baik untuk mempertahankan kualitas tanah. Karena kompos terbukti mampu memperbaiki sifat-sifat fisik, kimia, dan biologi tanah dan unsur haranya sangat berguna bagi tanaman.

Demikian manfaat pasir zeolit di bidang pertanian. Selain pengaplikasian dalam dunia industri dan media filter air ternaya zeolit memiliki peran yang cukup besar dalam bidang yang laiannya.

Bagi Anda yang membutuhkan pasir, tepung, batu zeolit untuk kebutuhan filter air atau kebutuhan Industri kami siap melayani Anda

Ady Water Suplayer Batu Zeolit Berkualitas

Ady Water merupakan perusahaan yang bergerak di bidan water treatment dan telah puluhan tahun dipercaya untuk mensuplay puluhan industri di Indonesia. Salah satunya adalah batu zeolit. Dengan dua pilihan kemasan yang berbeda, kemasan karung seberat 20 kg dan kemasan eceran seberat 4 kg.

Dengan gudang yang besar kami siap mensuplay kebutuhan batu zeolit hingga puluhan ton setiap bulannya. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa menghubungi kantor kami:

Jual Zeolit Bandung

Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Jual Zeolit Jakarta Timur

Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.15/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830

Jual Zeolit Terbaik

Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 4, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480

Berikut adalah nomor marketing kami yang dapat Anda hubungi:

Ghani 0821 2742 4060

Yanuar 0812 2165 4304

Rusmana 0821 2742 3050

Semoga artikel di atas bermanfaat untuk kita semua.


advertise
advertise
advertise
advertise