Whatsapp

INILAH MANFAAT PASIR SILIKA ATAU KUARSA DALAM DUNIA PERINDUSTRIAN

PASIR SILIKA DALAM DUNIA INDUSTRI

Pasir kuarsa atau pasir silika adalah salah satu material alam yang melimpah. Pasir jenis ini juga telah banyak dimanfaatkan oleh para pelaku industri di dunia. Karena keunikan sifat dan karakternya.

Salah satu Negara yang memiliki potensi besar menghasilkan sumber daya alam pasir silika adalah Indonesia. Karena Indonesia memiliki banyak daerah penghasil pasir silika mulai dari Sabang hingga Merauke.

Di Pulau Jawa misalnya, ada beberapa daerah yang terkenal sebagai penghasil pasir silika. Diantaranya adalah Tuban dan Rembang. Di Pulau Sumatera, daerah penghasil pasir silika terbesar adalah Bangka Belitung. Sedangkan di Pulau Kalimantan, daerah penghasil pasir silika adalah Palangkaraya.

Pasir kuarsa di Indonesia memiliki karakter yang cukup beragam. Karena pasir kuarsa yang dihasilkan antara satu wilayah dengan wilayah yang lain memiliki ciri dan kualitas yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi daerahnya masing-masing.

Pasir silika yang paling banyak dicari adalah yang memiliki kemurnian tinggi. Kadar SiO2 diatas 97%, dengan komposisi pengotor alumina dan besi yang rendah. 

Pasir jenis tersebut yang digunakan sebagai bahan utama dalam beberapa jenis industri. Beberapa industri memanfaatkannya sebagai bahan baku, seperti pada industri kaca, gelas, silicon dan presipitat dll.

Apa Itu Pasir Kuarsa atau Pasir Silika?

Pasir silika atau yang juga dikenal sebagai pasir kuarsa adalah material tambang dengan rumus kimia (SiO2). Pasir jenis ini dihasilkan dari batuan yang memiliki kandungan mineral utama jenis kuarsa.

Jual pasir silika Pasir silika putih harga pasir silika per ton harga pasir silika per sak pasir silika coklat pasir silika halus pasir silika untuk filter air pasir silika kasar harga pasir silika per m3 harga pasir silika untuk filter air

Batuan yang memiliki mineral utama kuarsa mengalami beberapa serangkaian proses alamiah seperti pelapukan, erosi, juga transportasi. Karena sifat kuarsa yang resisten, maka mineral ini mengendap selanjutnya terbentuklah endapan pasir silika.

Pasir silika pada umumnya dapat ditemukan pada dataran rendah hingga pesisir pantai. Dengan ciri-ciri atau sifat fisik berwarna putih benig, kuning, abu-abu, coklat, merah dll, tergantung pada zat pengotor yang tercampur selama masa pengendapannya.

Senyawa-senyawa pengotor tersebut mempunyai kandungan oksida besi, oksida kalsium, oksida magnesium, oksida alkali, lempung dan juga zat organik yang dihasilkan dari pelapukan sisa-sisa hewan dan tumbuhan yang telah membusuk.

Fungsi dan Pemanfaatan Pasir Silika Dalam Dunia Industri

Dalam dunia industri saat ini, pasir silika digunakan dalam banyak bidang, baik sebagai bahan baku industri atau pun sebagai bahan pelengkap, juga sebagai bahan campuran. Oleh sebab itu, kita mengenal fungsi dari pasir silika di dalam dunia perindustrian sangat beraneka ragam. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pasir silika sebagai sand blasting, sand blasting adalah sebuah teknik pembersihan kerak atau karat pada mesin / logam dengan menggunakan semprotan pasir silika yang bertekanan tinggi.

2. Pasir silika dimanfaatkan sebagai bahan tambahan pada industri genteng metal/logam dan genteng keramik. Fungsinya ialah sebagai peredam bising ketika hujan turun.

3. Pasir silika digunakan untuk bahan baku pada pembuatan semen / mortar / ready mix.

4. Pada bidang pengolahan air, pasir silika dimanfaatkan sebagai penjernih air. Karena pasir silika mampu menyerap sedimen-sedimen, lumpur dan tanah yang ikut terlarut ke dalam air.

5. Pasir silika digunakan dalam beberapa industri sebagai bahan abrasit atau amplas, konsepnya persis sebagaimana tekhnik sand blasting.

6. Pasir silika digunakan sebagai bahan baku utama untuk industri gelas / kaca (SiO2 > 98%), industri semen (SiO2 sebanyak 21,3%). Pada industri keramik pasir silika digunakan sebagai pembentuk sifat licin dan mengkilap, sehingga keramik mudah dibersihkan.

7. Pasir silika juga dimanfaatkan dalam pembuatan silicon carbida dan ferosilikon, juga dalam industri microchip / komponen elektronika dengan ukuran nano silika.

8. Pasir silika digunakan sebagai campuran atau tambahan dalam industri beton precast / pracatek pada bidang konstruksi (ukuran mikro silika), perminyakan / pertambangan, bata tahan api atau refraktori.

9. Pasir silika digunakan sebagai campuran pada industri ban, karet dan cat. Dalam industri ini pasir silika berfungsi sebagai bahan pengeras. Pasir silika yang digunakan berukuran sangat kecil atau nano silika.

Proses Pembuatan Pasir Silika

Pasir silika merupakan salah satu bahan tambang. Oleh sebab itu, cara utama untuk mendapatkan adalah melalui mekanisme penambangan.

Proses pembuatan pasir silika dimulai dari menambang pasir kuarsa. Pasir kuarsa adalah bahan baku dari pasir silika.

Pasir kuarsa yang telah ditambang tersebut kemudian akan melalui beberapa proses tahapan, di mulai dari pencucian untuk membuang kotoran yang tercampur. Selanjutnya pasir kuarsa tersebut akan dipisahkan sesuai dengan ukurannya.

Setelah dipisahkan berdasarkan ukurannya pasir kuarsa kemudian dikeringkan. Tahap ini bertujuan untuk meningkatkan kadar SiO2 pada pasir, sehingga didaptkan pasir dengan kadar SiO2 lebih tinggi dari sebelumnya.


Pemilihan Pasir Silika Terbaik

Dalam bidang industri yang menggunakan pasir silika, pemilihan jenis pasir silika menjadi adalah hal utama. Pasalnya, kesalahan dalam menentukan jenis ini akan mengakibatkan hasil akhir yang fatal. Oleh sebab itu, masing-masing industri sudah memiliki standar kriteria dan ketegori yang pas dalam memilih pasir silika.

Beberapa kriteria utama pasir silika yang digunakan adalah sebagai berikut;

1. Kadar SiO2 (Silikat) pasir,

2. Keseragaman ukuran pasir,

3. Warna pasir

Dari ketiga kriteria utama diatas yang paling penting adalah kadar silikat dan keseragaman ukuran pasir. Keduanya menjadi pertimbangan utama karena sangat mempengaruhi kualitas barang hasil prduksi.

Sedangkan, faktor warna silika yang meliputi; kuning, putih, abu-abu, dan coklat hanyalah standar minor yang terkait dengan persoalan estetika atau selera. Karena pada dasarnya warna pasir tidak terlalu berpengaruh terhadap kualitas hasil produksi.

Kami Menyediakan Pasir Silika Kualitas Terbaik

Di era yang serba canggih seperti ini kita bisa dengan mudah membeli pasir silika. Namun apakah Anda benar-benar yakin dengan kualitas pasir silika yang Anda beli?

Kami dari Ady Water siap mensuplay pasir silika terbaik untuk industri Anda. Anda tidak perlu khawatir, karena perusahaan kami telah berpengalaman dalam mensuplay pasir silika untuk berbagai macam industri dan  BUMN maupun perusahaan swasta.

Seperti PDAM, PLTU, venue olahraga (Pekan Olahraga Nasional atau PON), untuk boiler industri, juga water treatmen, baik skala industri maupun kebutuhan rumah tangga.

Anda bisa langsung membeli dengan mendatangi kantor kami yang telah ada di beberapa kota besar, diantaranya:

Jual Pasir Silika Bandung

Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Jual Pasir Silika Jakarta

Alamat Jakarta Timur Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.15/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830

Jual Pasir Silikr Terbaik

Alamat Jakarta Barat Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 4, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480

Kami juga siap mensuplay pasir silika untuk industri di luar Pulau Jawa. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi marketing kami:

Ghani 0821 2742 4060

Yanuar 0812 2165 4304

Rusmana 0821 2742 3050

Ady Water adalah perusahan yang telah puluhan tahun dipercaya untuk menyediakan pasir silika terbaik bagi puuhan industri dan rumah tangga di Indonesia. 

Demikian artikel terkait dengan manfaat pasir silika atau pasir kuarsa dalam dunia perindustrian. Jika Anda memiliki pertanyaan terkait pasir silika, Anda dapat langsung menghubungi kami. 


 


advertise
advertise
advertise
advertise