BAHAN MAKANAN LEBIH AWET DENGAN SILIKA GEL

Menyiapkan berbagai bahan makanan di rumah adalah suatu hal yang penting. Terutama bagi kita yang hidup di kota besar dengan seabrek kesibukan sehari-hari. Bahan makanan yang tersimpan bisa menjadi penolong saat tiba-tiba perut terasa lapar. Selain itu metode menyimpan bahan makanan dalam jumlah yang cukup ternyata bisa menghemat pengeluaran bulanan.

Kebiasaan menyimpan bakan makanan (stocking) semakin efektif kala pandemi seperti saat ini. Dengan kebiasaan tersebut kita akan mampu mengurangi frekuensi keluar rumah dan bertemu dengan orang banyak, juga mengurangi berkumpul atau berkerumun. Sehingga kita dapat meminimalisir resiko terinveksi virus Covid 19.

METODE PENGAWETAN DAN PENTIMPANAN MAKANAN 

Pengeringan adalah salah satu metode pengawetan makanan yang sudah dikenal dan dipraktekkan oleh nenek moyang kita sejak berabad-abad yang lalu. Cara yang paling umum adalah dengan cara memanaskan bahan makanan dibawah terik sinar mataharI. Selain itu biasanya juga dilakukan dengan cara memanggang bahan makanan di atas bara api selama berjam-jam.  Tujuannya adalah untuk mengurangi kadar air agar makanan tetap awet saat disimpan.

Metode penyimpanan makanan juga sangat beragam, tergantung dari jenisnya. ada bahan makanan yang bisa disimpan awet dengan hanya digantung dan dijauhkan dari sumber air. Ada juga bahan makanan yang harus disimpan dalam wadah tertutup dan hanya mampu bertahan sebentar saja.

POTENSI PERKEMBANGAN JAMUR PADA MAKANAN

Pada dasarnya, metode penyimpanan makanan dan bahan makanan adalah dengan cara menjaga agar makanan dan bahan makanan tetap kering. Kebanyakan orang melakukannya dengan cara memasukkan makanan atau bahan makanan ke dalam wadah plastik, toples atau lemari es. Semua memiliki tujuan yang sama yakni untuk menjaga agar makanan awet, terutama untuk menghindari  tumbuhnya jamur yang mampu merusak makanan dan bahan makanani.

Jamur biasanya tumbuh di tempat yang lembab. Termasuk dalam wadah makanan dan bahan makanan yang kita simpan. Hal ini tentu dapat menyebabkan kontaminasi makanan, yang pada akhirnya berujung pada pembusukan dan kerusakan bahan makanan.

Kita harus benar-benar memperhatikan metode penyimpanan makanan. Kondisinya harus dipantau, mulai dari tempat penyimpanannya hingga perkiraan suhu dalam kemasannya. Jangan sampai kelambapan udaranya meningkat. Karena meningkatnya kelembapan udara adalah salah satu pemicu utama tumbuh dan berkembangnya jamur. Untuk itu beberapa perusahaan makanan kering biasanya menyelipkan silika gel dalam kemasan produknya.

SILIKA GEL UNTUK MAKANAN

Silica gel adalah jenis silica yang diperoleh dari bahan mineral alami atau hasil sintetis. Kemudian dikemas dalam kertas semi permeable dengan ukuran yang beragam. Silica gel memiliki kemampuan dasar mengikat molekul air dengan baik. Sehingga sering dimanfaatkan sebagai agen adsorben partikel uap air dalam udara. 

Karena sifatnya yang mampu menyerap partikel air maka silica gel biasanya dimasukan ke dalam kemasan peralatan elektronik, bahan-bahan makanan, dan obat-obatan. Penggunaan silika gel dalam beberapa produk ternyata mampu mengurangi tingkat kerusakan, terutama saat bahan tersebut berada dalam proses pengantaran, hingga penyimpanan.

Selain digunakan sebagai pengawet bahan makanan oleh perusahan-perusahaan besar, silika gel ternyata juga dimanfaatkan untuk penyimpanan bahan makanan tingkat rumah tangga. Tentu hal ini sangat efektif dan bermanfaat, khususnya bagi ibu rumah tangga. 

jual silica gel jual silica gel terdekat jual silica gel kiloan jual silica gel untuk kamera jual silica gel untuk makanan jual silica gel untuk sepatu harga silica gel harga silica gel kiloan harga silica gel untuk makanan


Namun demikian, yang perlu diperhatikana adalah jenis silika gel yang digunakan. Karena tidak semua jenis silika gel dapat digunakan untuk makanan. Hanya silika gel yang bersertifikat food grade yang boleh digunakan untuk makanan.

KEUNGGULAN SILIKA GEL UNTUK MENGAWETKAN MAKANAN

  1. Silika gel mampu menyerap kelembaban pada ruang atau kemasan makanan. Sehingga mengurangi resiko tumbuhnya jamur dan berkembangnya mikroorganisme. Alhasil, makanan yang disimpan relatif lebih awet karena kondisinya tetap kering. 
  2. Silika gel mampu menyerap kelembaban tanpa merubah kondisi zat yang dikandung oleh makanan. Sehingga tidak mengurangi komposisi gizi dan zat penting yang terdapat pada makanan. Juga mampu meminimalisir terjadinya kerusakan makanan saat disimpan. 
  3. Silika gel mampu menyerap bau. Oleh sebab itu sangat tepat digunakan untuk menyimpan makanan yang rentan terhadap bau tajam, 

CARA PENGGUNAAN SILIKA GEL UNTUK MAKANAN

Adapun cara penggunaan silika gel untuk makanan, berikut adalah langkah-langkahnya
  1. Siapkan silika gel dalam kemasan sesuai kebutuhan. berat jumlah silika gel tergantung dengan berat dan jumlah makanan yang akan disimpan. Pastikan silika gel yang akan kita gunakan adalah silika gel yang aman untuk makanan atau food grade.
  2. Siapkan makanan yang akan disimpan. Pastikan makanan dalam kondisi bersih dan kering. Tidak semua makanan bisa disimpan dengan silika gel, seperti makanan basah, berkuah atau yang lainnya. Makanan yang bisa disimpan menggunakan silika gel biasanya adalah makanan kering, seperti biskuit, buah-buahan kering dll.
  3. Siapkan wadah penyimpan. Bisa menggunakan wadah berbahan plastik atau kaca (disarankan kaca) dengan penutup yang rapat. Wadah juga harus dipastikan bersih dan kering.
  4. Masukkan makanan dan silika gel kedalam wadah penyimpan. Lalu tutup dengan rapat dan simpan di tempat yang kering dan bersuhu stabil.
  5. Untuk penyimpanan yang lama, periksa silika gel secara berkala. Jika silika gel terlihat sudah menggembung dan tidak aktif, kita bisa menggantinya dengan silika gel yang baru. 

KAMI MENYEDIAKAN SILIKA GEL UNTUK MAKANAN

Dari ulasan di atas dapat kita simpulkan bahwa silika gel ternyata memiliki mampu membuat makanan yang kita simpan menjdi lebih awet. Bagi Anda yang membutuhkan silika gel, kami dari Ady Water menyediakan silika gel dengan ukuran yang beragam mulai dari 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram, 500 gram, 1 kilogram.
Bagi Anda yang membutuhkan silika gel kualitas curah, kami juga menyediakannya silika gel kualitas curah dalam kemasan karung, dengan ukuran 25 kilogam perkarung. Untuk info lebih lanjut Anda dapat mendatangi kantor dan gudang kami

Jual Silika Gel Bandung

Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Jual Silika Gel Jakarta

Alamat Jakarta Timur Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.15/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830

Jual Silika Gel Terbaik

Alamat Jakarta Barat Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 4, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480

Anda juga bisa menghuubungi para marketing kami

Ghani 0821 2742 4060

Yanuar 0812 2165 4304

Rusmana 0821 2742 3050

Semoga artikel terkait manfaat silika gel untuk makanan yang telah dihimpun oleh tim kami memberikan banyak manfaat bagi kita semua.




DAPATKAN PENAWARAN MENARIK DENGAN MENGISI FORMULIR INI