APA ITU PASIR DAN BATU ZEOLIT?

MENGENAL PASIR DAN BATU ZEOLIT

Nama pasir dan batu zeolit mungkin terdengar asing bagi sebagian kita. Tentu saja demikian, karena pasir dan batu jenis ini memiliki kegunaan tersendiri. Serta memiliki karakter yang unik dan tidak sama seperti pasir sungai pada umumnya.

Zeolit termasuk alumino silikat terhidrasi yang memiliki unsur utama kation, alkali dan alkali tanah dengan pori-pori yang mampu terisi air. Kemampuannya menyerap air sekitar 10-50%

Zeolit juga termasuk mineral yang dikelompokkan dalam bahan galian non logam atau juga disebut bahan galian industri. Hingga sekarang terdapat 50 lebih daftar mineral pembentuk zeolit yang sudah diketahui. 

Jenis zeolit yang paling sering ditemukan adalah jenis mordenit, klinoptilolit, khabasit, analsim, ferierit, eulandit dan lain-lain. Di indonesia sendiri, jenis zeolit yang paling banyak ditemukan adalah klinoptilolit dan mordenit.

Secara alamiah, zeolit dapat ditemukan pada batuan tufa yang terbentuk dari proses sedimentasi, debu vulkanik yang telah mengalami alterasi. Zeolit memiliki susunan kristal yang sedikit lunak, berwarna kebiru-birun, kehijau-hijauan, putih dan coklat dengan berat jenis berkisar 2 - 2,4.

harga zeolit harga zeolit per kg harga zeolit filter harga zeolit alam harga zeolit bubuk harga zeolit alam per kg harga zeolit per sak harga zeolit untuk filter air harga zeolit powder jual batu zeolit jual zeolit jual pasir zeolit


Pemanfaatan Pasir Zeolit

Seiring berjalannya waktu penggunaan pasir zeolit mengalami perkembangan yang siknifikan. Saat ini pasir zeolit juga telah banyak dimanfaatkan dalam bidang industri, pertanian, bahkan untuk kebutuhan rumah tangga.

Pasir zeolit alam sendiri merupakan media penyaring alami yang sangat baik untuk menyaring air. Kinerjanya juga lebih baik dengan perawatan yang tidak terlalu sering. Sehingga paling sering dijadikan sebagai alternatif penyaring air dalam alat filter.

Selain hal diatas, ada tiga karakteristik sifat unggul zeloid yang dimanfaatkan dan diterapkan dalam dunia industri

1. Sebagai Katalis

Zeolit merupakan unsur yang sangat bermanfaat sebagai katalis dalam beberapa reaksi penting yang berhubungan dengan molekul organik. Diantaranya adalah isometrisasi, perengkahan dan sintesis hidrokarbon.

Zeolit mampu menjadi promotor berbagai reaksi katalitik termasuk diantaranya adalah reaksi yang diinduksi oleh asam-basah serta logam. Zeolit bisa digunakan sebagai katalis asam dan pendukung untuk logam aktig dan reagen. 

Zeolit juga digunakan sebagai katalis selektif bentuk baik dengan selektivitas keadaan transisi atau dengan mengesampingkan rekatan yang bersaig berdasarkan atas diameter molekul. Seain itu zeolit juga sudah digunakan sebagai katalis oksidasi. 

Reaksi yang terjadi dapat berlangsung dalam pori-porinya, sehingga tingkat kontrol produknya bisa lebih besar. Industri yang telah mengaplikasikan tekhnik ini diantaranya adalah penyulingan minyak bumi, produksi petrokimia dan produksi synfuels. Zeolit sintetis merupakan katalis yang memegang peranan paling penting pada kilang petrokimia.

2. Media Adsorpsi

Zeolit terbuki mampu menjadi media adsorpsi berbagai bahan dengan baik. Kemampuan ini biasa diaplikasikan dalam proses pengeringan, pemurnian, maupun pemisahan zat atau molekul.

Zeolit mampu menyerap air sampai tekanan parsial sangat rendah, dengan kapasitas lebih dari 25% beratnya ketika berada dalam air. Oleh sebab itu, tak heran jika ia banyak digunakan sebagai media pengering yang sangat efektif. 

Zeloit bisa menghilangkan zat kimia organik yang memiliki sifat mudah menguap dari aliran udara, juga memisahkan isomer dan campuran gas. Kemampuan ini sering dimanfaatkan untuk memisahkan gas.

Karena struktur pori-porinya yang sangat kecil dan mampu menyaring molekul dengan dimensi tertentu serta memungkinkan untuk memasukkan molekul tersebut ke dalam pori-porinya. Maka sifat ini dapat dimanfaatkan dan disesuaikan dengan cara mengubah jumlah serta ukuran kation yang berada di sekitar pori-porinya.

Pemanfaatan pori zeolit yang lainnya adalah polimerisasi bahan semi konduktor dan polimer konduktor. Hal ini bertujuan untuk mengasilkan bahan yang memiliki atribut fisik dan listrik yang tak biasa.

3. Pertukaran ion

Kation yang telah terhidrasi dalam pori-pori zeolit ​​terikat secara longgar ke kerangka zeolit. Sehingga dengan mudah dapat bertukar dengan kation lain ketika berada dalam media berair. Aplikasian sifat dan mekanisme ini dapat diamati pada perangkat pelunakan air, juga penggunaan zeolit ​​pada deterjen dan sabun. 

Penggunaan zeolit dalam jumlah besar terdapat dalam formulasi deterjen. Bahkan zeolit telah mampu menggantikan fosfat sebagai agen pelunak air.

Mekanisme pelunakan air terjadi dengan cara menukar natrium dalam zeolit ​​​​dengan kalsium dan magnesium yang terdapat di dalam air. Mekanisme ini bahkan mampu untuk menghilangkan ion radioaktif dari air yang terkontaminasi.

Demikian adalah tiga sifat unggul dari pasir zeolit yang dimanfaatkan dalam dunia industri. Tentu bisa bisa diterapkan dalam skala yang lebihuga. Adapun penggunaan pasir zeolit dalam bidang industri akan dibahas dalam pembahasan selanjutnya.

Kami Menjual Zeolit Terbaik

Kami dari Ady Water menyediakan zeolit dalam bentuk tepung, pasir dan batu. Dengan pilihan paket perkarung seberat 20 kg dan juga paket eceran 4 kilogram. Sehingga Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ady Water juga telah melayani pembelian dan pengiriman zeolit ke berbagai industri seperti BUMN, industri makanan dan minuman, dan kebutuhan softener (pelunak air) rumah tangga. Untuk Info lebih detail Anda bisa mendatangi kantor kami:

 Jual Pasir Zeolit Bandung

Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Jual Pasir Zeolit Jakarta

Alamat Jakarta Timur Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.15/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830

Jual Pasir Zeolit Terbaik

Alamat Jakarta Barat Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 4, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480

Jangan khawatir kehabisan, karena kami memiliki kemampuan suplay puluhan ton setiap bulannya. Untuk pemesanan Anda juga bisa menghubungi para marketer kami:

Ghani 0821 2742 4060

Yanuar 0812 2165 4304

Rusmana 0821 2742 3050

Demikian artikel terkait dengan pasir dan baru zeolit. Semoga mampu menjawab pertanyaan Anda dan menambah wawasan kita semua.

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK DENGAN MENGISI FORMULIR INI