Whatsapp

4 FUNGSI DAN MANFAAT ARANG AKTIF DALAM KESEHARIAN KITA

Arang Aktif (Activated Charcol)

Belakang ini terdapat satu bahan alami yang tiba-tiba muncul di dunia kesahatan dan dianggap ampuh untuk proses detoksifikasi tubuh. Bahan alami tersebut adalah arang aktif atau dikenal juga dengan nama activated charcol.

Arang aktif yang dimaksud bukanlah arang yang biasa digunakan untuk memanggang sate atau jagung. Namun, arang aktif adalah zat arang atau karbon yang berasal dari bahan-bahan tertentu yang telah diproses secara khusus.

jual karbon aktif jual karbon aktif kiloan jual karbon aktif surabaya jual karbon aktif untuk filter air jual arang aktif penjernih air harga karbon aktif harga karbon aktif per sak harga karbon aktif per kg harga karbon aktif untuk filter air harga karbon aktif aquarium harga karbon aktif 1 sak harga karbon aktif per karung harga karbon aktif granular harga karbon aktif powder harga karbon aktif 25 kg
Pembuatan Arang Aktif

Arang aktif merupakan karbon yang memiliki daya serap yang baik terhadap kation, anion dan molekul senyawa organik dan anorganik, berupa larutan atau gas. Secara umum bahan-bahan yang biasa digunakan untuk bahan baku pembuatan arang aktif adalah yang memiliki unsur karbon dan memiliki pori-pori, salah satu yang paling populer adalah batok kelapa.

Bagaimana cara membuat arang aktif dari tempurung kelapa, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Siapkan tempurung kelapa, lalu bersihkan dari kotoran yang menempel seperti, tanah. plastik atau kerikil.

2. Keringkan tempurung kelapa di bawah sinah matahari sampai benar-benar kering.

3. Masukkan tempurung kelapa ke dalam bak/tempat pembakaran, selanjutnya bakar dengan suhu 300-500 derajat selsius dangen waktu selama 3-5 jam.

4. Setelah seleai dibakar maka arang harus direndam dalam air yang dicampur dengan CaCl2 (Kalsium Klorida) dan ZnCl2 (Seng Klorida) selama 12 sampai 24 jam, hal ini bertujuan agar arang jadi aktif.

5. Setelah selesai direndam arang harus dicuci hingga bersih, kemudian ditiriskan dan dikeringkan dalam oven dengan suhu tinggi selama 3 jam.

Demikian salah satu cara untuk membuat arang aktif. Biasanya setiap perusahaan memiliki caya yang berbeda-beda dalam memproduksi arang aktif. Namun demikian, tujuannya hanyalah satu, yakni meningkatkan kualitas dan kemampuan arang. 

Setiap orang sebenarnya bisa membuat arang aktif sendiri. Akan tetapi pasti memiliki perbedaan kualitas yang cukup jauh dengan arang aktif yang diproduksi oleh perusahaan-perusahaan besar yang telah berpengalaman memproduksi arang aktif selama bertahun-tahun.

Oleh sebab itu, kami tidak menyarankan untuk membuat arang aktif sendiri, terlebih jika hanya untuk penggunaan pribadi. Karena akan membutuhkan banyak waktu dan juga kurang efektif dan evisien. Karena kualitas arang aktif sangat dipengaruhi oleh proses pembuatannya.

Fungsi dan Manfaat Arang Aktif

Kita sudah mengetahui apa itu arang aktif, maka sekarang saatnya kita membahas tentang sungsi dan manfaat dari arang aktif dalam keseharian kita. Berikut adalah ulasannya:

1. Mengatasi Masalah Perut dan Pencernaan

Apakah Anda sering mengalami masalah perut dan pencernaan? Tahukah Anda jika ternyata kedua persoalan itu mampu diatasi dengan arang aktif?

Arang aktif memiliki kdaya serap yang sangat baik. Kemampuan ini ternyata telah dimanfaatkan dalam dunia kesehatan terutama untuk mendetoksifikasi tubuh dari racun dan mengatasi permasalahan perut dan perncernaan seperti diare, sembelit, kelebihan gas dalam perut dan persoalan pencernaan lainnya.

Salah satu merek pil arang aktif yang paling populer bernama Norit. Norit mampu mengobati keracunan, serta masalah pencernaan berupa kelebihan gas dalam perut dan diare. Namun demikian penggunaan pil arang aktif sebagai obat harus benar-benar sesuai dengan aturan penggunaan, juga dibawah pengawasan dokter.

2. Menyerap Bau Tak Sedap

Rumah harusnya menjadi tempat yang paling ideal untuk beristirahat dan melepas penat. Namun bagaimana jika rumah kita terasa tidak nyaman karena bau yang tidak sedap?

Kita bisa menggunakan arang aktif untuk menghilangkan bau tak sedap di dalam rumah dan ruangan. Karena arang aktif mampu menyerap bartikel-partikel bau yang berada di udara. 

Cukup letakkan arang aktif dalam sebuah wadah terbuka, lalu letakkan di tempat yang kerap berbau tak sedap. Dengan demikian bau tak sedap dengan segera akan diserap oleh arang aktif.

3. Membersihkan Akuarium

Bagi pecinta ikan hias, kebersihan aquarium merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dengan baik. Karena jika air dalam aquarium keruh, maka ia berpotensi menjadi racun bagi ikan hias.

Untuk itu para pecinta ikan hias biasanya membersihkan aquariumnya secara berkala. Salah satu bahan yang digunakan untuk membersihkan aquarium adalah arang aktif. 

Pori-porinya yang banyak dan tersebar luar mampu menghisap partikel-partikel kotoran yang larut dalam air. Dicamping itu arang aktif juga tidak berbahaya bagi ikan, karena terbuat dari bahan alami yang diproses dengan baik.

4. Media Filter Air

Salah satu persoalan yang kerap kita jumpai saat hidup di kota adalah kurangnya ketersediaan air bersih dan aman dikonsumsi. Untuk mengatasinya biasanya orang-orang memanfaatkan air isi ulang untuk ememasak. Namun saat ini semakin banyak orang yang menggunakan filter air untuk mengatasi persoalanini.

Salah satu media filter air yang paling sering digunakan adalah arang aktif. Arang aktif memiliki kemampuan menyerap zat polutan yang ikut terlarut dalam air. Sehingga dapat mengubah air yang tidak sehat menjadi air sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Kami Menjual Arang Aktif Berkualitas

Bagi Anda yang membutuhkan arang aktif berkualitas untuk penggunaan sehari-hari, atau perusahaan Anda bisa membelinya di Ady Water. Karena barang yang kami tawarkan adalah barang dengan kualitas terbaik. Kami juga menyertai arang aktif yang kami jual dengan beberapa dokumen seperti dokumen penyerta produk yang lengkap, Certificate of Analuysis (COA), material safety data sheet dan sertifikat halal. 

Anda juga tidak perlu khawatir karena kami telah menyediakan berbagai macam produk karbon aktif import seperti Haycarb, Calgon, Norit dan Jacobi. Juga merek lokal kebanggan kami yakni karbon aktif merek Ady Water.

Kami menyediakan karbon aktif dengan berbagai kemasan, diantaranya 25 kg per karung untuk merek import, 20 kg dan 25 kg untuk karbon lokal. Untuk info dan pertanyaan lebih lanjut Anda bisa langsung  datang ke beberapa kantor kita:

Jual Arang Aktif Bandung

Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Jual Arang Aktif Jakarta

Alamat Jakarta Timur Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.15/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830

Jual Arang Aktif Terbaik

Alamat Jakarta Barat Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 4, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480

Keterangan lebih lanjut juga bisa ditanyakan melalui para marketer kami;

Ghani 0821 2742 4060

Yanuar 0812 2165 4304

Rusmana 0821 2742 3050

Demikian pembahasan untuk kali ini. Semoga pembahasan 4 fungsi dan manfaat arang aktif ini dapat menambah pengetahuan dan menjadi solusi bagi kita.


advertise
advertise
advertise
advertise