Whatsapp

Zeolite Bead Molecular Sieve

Pengenalan tentang Zeolit Molecular Sieves





Zeolit molecular sieves adalah bahan kristal yang terdiri dari kerangka silika dan alumina dengan pori-pori kecil yang teratur. Molekul-molekul air atau senyawa organik tertentu dapat disaring dan dipisahkan oleh zeolit ini berdasarkan ukuran dan bentuk molekul tersebut. 

Kemampuan zeolit molecular sieves dalam menyerap dan menyaring molekul-molekul tertentu menjadikannya sangat berharga dalam berbagai industri, termasuk industri perminyakan, petrokimia, industri makanan dan minuman, serta pengolahan air.

Kegunaan Zeolit Molecular Sieves

Zeolit molecular sieves memiliki beragam kegunaan dalam industri. Beberapa kegunaan utama zeolit molecular sieves antara lain:

  • Pemurnian dan dehidrasi gas: Zeolit digunakan dalam proses pemurnian gas untuk menghilangkan molekul air dan senyawa organik yang dapat mengkontaminasi gas yang akan digunakan dalam berbagai aplikasi industri.
  • Penyaringan dan pemisahan molekul: Dengan ukuran pori-pori yang sangat kecil, zeolit molecular sieves dapat digunakan untuk menyaring molekul-molekul berdasarkan ukuran dan bentuknya. Hal ini memungkinkan pemisahan molekul-molekul yang diinginkan dari campuran kompleks.
  • Pengeringan dan regenerasi pelarut: Zeolit dapat digunakan untuk mengeringkan pelarut organik dengan menghilangkan air yang terlarut di dalamnya. Selain itu, zeolit juga dapat diregenerasi kembali setelah penggunaan dengan memanaskan zeolit yang jenuh air untuk menghilangkan air yang teradsorpsi.
  • Pengendalian kelembaban: Dalam industri farmasi, elektronik, dan makanan, zeolit digunakan untuk mengendalikan kelembaban dan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh kelembaban berlebih.

Kenapa Ada Zeolit Molecular Sieves?

Keberadaan zeolit molecular sieves sangat penting dalam industri karena kemampuannya dalam menyaring dan memisahkan molekul-molekul berdasarkan ukuran dan bentuknya. 

Sifat pori-pori kecil pada zeolit memungkinkan molekul-molekul tertentu untuk diadsorpsi dengan baik, sedangkan molekul-molekul yang lebih besar atau tidak sesuai dengan pori-pori zeolit akan terlalu besar untuk masuk ke dalam struktur kristal zeolit. 

Hal ini memungkinkan zeolit untuk digunakan dalam berbagai proses pemisahan dan pemurnian yang kritis dalam industri.

Cara Kerja Molecular Sieve untuk Menghilangkan CO2

Zeolit molecular sieves juga dapat digunakan untuk menghilangkan karbon dioksida (CO2) dari campuran gas. Proses penghilangan CO2 dengan menggunakan zeolit molecular sieves biasanya melibatkan adsorpsi selektif molekul CO2 oleh zeolit.

Zeolit dipilih berdasarkan ukuran pori-porinya yang memungkinkan adsorpsi CO2, sementara gas-gas lain seperti nitrogen dan oksigen dapat melewati zeolit tanpa diadsorpsi. 

Ketika campuran gas yang mengandung CO2 dialirkan melalui zeolit, molekul CO2 akan diadsorpsi oleh zeolit sedangkan gas-gas lain akan melewati zeolit dengan bebas. Proses ini memungkinkan pemisahan CO2 dari campuran gas secara efektif.

Setelah zeolit jenuh dengan CO2, zeolit dapat diregenerasi kembali dengan memanaskan zeolit untuk menghilangkan CO2 yang teradsorpsi. Proses regenerasi ini memungkinkan zeolit untuk digunakan kembali dalam penghilangan CO2 secara berulang tanpa kehilangan kemampuan adsorpsi yang signifikan.

Secara keseluruhan, zeolit molecular sieves memiliki peran penting dalam industri dengan kemampuan mereka untuk menyaring dan memisahkan molekul-molekul berdasarkan ukuran dan bentuknya. 

Keberadaan zeolit molecular sieves membawa manfaat yang signifikan dalam pemurnian gas, pengeringan pelarut, pengendalian kelembaban, dan penghilangan CO2 dalam berbagai aplikasi industri.

Grace Davison Molecular Sieve

Grace Davison Molecular Sieve adalah merek terkemuka dalam industri zeolit molecular sieves. Grace Davison telah lama dikenal sebagai produsen terpercaya dan inovatif dalam pengembangan zeolit untuk aplikasi industri yang beragam. 

Molecular sieves yang diproduksi oleh Grace Davison memenuhi standar kualitas tinggi dan digunakan secara luas dalam industri perminyakan, petrokimia, farmasi, dan banyak lagi.

Kenapa Ada Grace Davison?

Keberadaan Grace Davison dalam industri molecular sieve sangat penting karena mereka telah mengembangkan berbagai formula dan teknologi yang unggul dalam produksi zeolit molecular sieves. Grace Davison memiliki pengalaman yang kaya dalam mengoptimalkan struktur kristal zeolit, ukuran pori, dan karakteristik adsorpsi, sehingga memberikan hasil yang optimal dalam berbagai aplikasi industri. 

Dengan reputasi yang kuat dan komitmen terhadap inovasi, Grace Davison menjadi pilihan utama bagi banyak perusahaan dalam mencari solusi molecular sieve yang efektif.

Tipe Zeolit Molecular Sieve Ady Water:

  • 4A dengan Crushing Strength lebih dari 40: Zeolit tipe 4A memiliki ukuran pori sekitar 4 Å (Angstrom) dan digunakan secara luas dalam pengeringan dan pemurnian gas dan cairan. Tipe zeolit ini memiliki kekuatan mekanik yang tinggi, dengan crushing strength lebih dari 40.
  • 5A dengan Crushing Strength lebih dari 70: Zeolit tipe 5A memiliki ukuran pori sekitar 5 Å dan sering digunakan untuk pemisahan gas seperti pemurnian nitrogen dari udara. Tipe zeolit ini memiliki kekuatan mekanik yang sangat baik, dengan crushing strength lebih dari 70.
  • 13X dengan Crushing Strength lebih dari 30: Zeolit tipe 13X memiliki ukuran pori sekitar 10 Å dan digunakan dalam pengeringan, pemurnian, dan pemisahan gas yang lebih besar seperti pemurnian hidrogen dan karbon dioksida. Tipe zeolit ini memiliki crushing strength lebih dari 30.
  • 13X HP dengan Crushing Strength lebih dari 30: Zeolit tipe 13X HP (High Performance) memiliki ukuran pori yang serupa dengan 13X, namun dengan kekuatan mekanik yang lebih tinggi, dengan crushing strength lebih dari 30. Zeolit tipe ini dikembangkan khusus untuk aplikasi yang membutuhkan stabilitas dan daya tahan yang tinggi.

Pengertian Crushing Strength dan Pengaruhnya pada Molecular Sieve

Crushing strength atau kekuatan mekanik adalah parameter penting yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan dan ketahanan zeolit molecular sieves terhadap tekanan fisik yang diterapkan pada material tersebut. 

Pengukuran crushing strength dilakukan dengan menguji kekuatan zeolit dalam bentuk butiran atau pelet.

Crushing strength yang tinggi menunjukkan bahwa zeolit memiliki kekuatan mekanik yang baik dan mampu bertahan dalam kondisi operasional yang keras, termasuk tekanan fisik yang tinggi. 

Zeolit dengan crushing strength yang tinggi akan lebih tahan terhadap kerusakan atau penghancuran selama penggunaan, penanganan, atau regenerasi.

Pentingnya crushing strength pada molecular sieve adalah untuk memastikan keberlanjutan dan keandalan material tersebut selama proses pemisahan dan pemurnian. Zeolit dengan crushing strength yang baik akan lebih tahan terhadap tekanan, getaran, dan gaya fisik lainnya yang terjadi selama operasi industri. 

Hal ini memastikan efisiensi yang tinggi dan masa pakai yang lebih lama dari zeolit molecular sieves dalam aplikasi industri.

Secara keseluruhan, Grace Davison Molecular Sieve menawarkan solusi zeolit molecular sieves yang unggul dengan berbagai tipe zeolit yang berkualitas, seperti 4A, 5A, 13X, dan 13X HP. 

Keberadaan Grace Davison dalam industri molecular sieve memberikan opsi yang handal dan efektif bagi industri yang menggunakan zeolit molecular sieves untuk berbagai aplikasi pemisahan, pemurnian, dan pengeringan.

Zeolite Bead Molecular Sieve

Molecular Sieve, air dryer, oxygen concentrator, nitrogen concentrator, menghilangkan co2


Zeolite bead molecular sieve adalah bentuk zeolit yang dihasilkan dalam bentuk butiran berbentuk bulat atau bola kecil. Zeolit bead ini memiliki struktur kristal yang sama dengan zeolit pada umumnya, tetapi dibentuk menjadi bentuk bola untuk mempermudah penggunaan dalam berbagai aplikasi industri. 

Zeolite bead molecular sieve memiliki kemampuan adsorpsi dan pemisahan yang sama dengan zeolit pada umumnya, tetapi dengan bentuk yang lebih praktis dan mudah digunakan.

Apa Itu Bead?

Bead atau butiran adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bentuk zeolit dalam bentuk bulat atau bola kecil. Proses pembentukan zeolite bead melibatkan pembentukan zeolit dalam bentuk cairan atau pasta yang kemudian dikeringkan atau dipanaskan menjadi bentuk bola. 

Bead yang dihasilkan memungkinkan penggunaan zeolit yang lebih mudah dalam berbagai aplikasi, termasuk pengisian kolom, adsorpsi gas, dan pemurnian cairan.

Tipe Zeolit dan Tipe Karbon

Zeolit bead molecular sieve dapat hadir dalam berbagai tipe, tergantung pada komposisi kimia dan struktur kristal zeolit yang digunakan. Beberapa tipe zeolit umum yang digunakan dalam zeolit bead molecular sieve antara lain zeolit tipe A, X, dan Y. 

Masing-masing tipe zeolit memiliki karakteristik adsorpsi dan selektivitas yang berbeda, sehingga dapat digunakan dalam berbagai proses pemisahan dan pemurnian.

Selain tipe zeolit, ada juga tipe karbon yang digunakan dalam zeolit bead molecular sieve. Zeolit karbon dikombinasikan dengan zeolit untuk menghasilkan zeolit bead dengan kemampuan adsorpsi yang lebih baik terhadap senyawa organik atau gas tertentu.

Merek Molecular Sieve yang Dijual oleh Ady Water

Ady Water menjual molecular sieve dengan merek terpercaya seperti Jiangxi Xintao dan Porocel. Jiangxi Xintao adalah produsen yang terkenal dalam industri zeolit molecular sieves, yang menawarkan produk berkualitas tinggi dengan performa yang baik dalam berbagai aplikasi industri. 

Porocel juga merupakan merek terpercaya yang dikenal karena kualitas dan inovasi dalam pengembangan zeolit bead molecular sieve.

Ukuran Partikel Molecular Sieve Ady Water

  • 3,5mm: Ukuran partikel 3,5mm digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan zeolit bead dengan ukuran yang lebih besar, seperti pengisian kolom pemurnian.
  • 1,6-2,5 mm: Ukuran partikel 1,6-2,5 mm merupakan ukuran yang serbaguna dan umum digunakan dalam berbagai aplikasi adsorpsi gas dan pemisahan molekul.
  • 0,4-0,8 mm: Ukuran partikel 0,4-0,8 mm digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan zeolit bead dengan ukuran yang lebih kecil, seperti pengisian kolom dengan kepadatan tinggi atau aplikasi yang memerlukan kontak yang lebih baik antara zeolit dengan zat yang akan diadsorpsi.

Secara keseluruhan, zeolite bead molecular sieve adalah bentuk zeolit yang dihasilkan dalam bentuk butiran bulat atau bola kecil. Ady Water menjual molecular sieve dengan merek terpercaya seperti Jiangxi Xintao dan Porocel, dengan berbagai ukuran partikel yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi industri.


Molecular Sieve, air dryer, oxygen concentrator, nitrogen concentrator, menghilangkan co2


Informasi Kontak Penjual

No kontak: 0812 2165 4304 Yanuar
Kantor Pusat Bandung:
Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194
Kantor Cabang Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480
Kantor Cabang Jakarta 2:
Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.15/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830
Kantor Cabang Surabaya:
Kupang Panjaan I No.18, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur 60264
advertise
advertise
advertise
advertise