Antrasit Tohkemy, Birm, Corosex, Ferrolite, MGS Plus, Pasir Aktif, Pasir Kuarsa/Silika, Zeolit, dll.

Tahukah Anda Dimana Asal Tambang Pasir Silika?

Tahukah Anda Dimana Asal Tambang Pasir Silika?


Tahukah Anda dimana asal tambang pasir silika, yaitu salah satu material water treatment yang dijual di ADY WATER? Sebagian besar pasir silika yang dijual di ADY WATER berasal dari lokal, sementara sebagian lainnya dari import khususnya untuk mesh halus karena keterbatasan teknologi di Indonesia. Namun, untuk Anda ketahui, potensi tambang pasir silika di Indonesia juga masih sangat besar.

Penjelasan berikut dikutip dan dirubah dari http://suarageologi.blogspot.com/2014/11/potensi-pasir-kuarsa-di-indonesia.html, berikut adalah penjelasan daerah penyebaran tambang pasir silika di Indonesia.

Tambang pasir silika berada di daerah-daerah tepi pantai (shore) di Indonesia. Jika Anda pernah main ke pantai daerah Lampung dan Bangka dimana pasir nya sangat putih, maka itulah pasir silika yang dimaksud. Pasir silika sendiri terdiri dari kristal - kristal silika (SiO2/Silikat dioksida). 

Lalu, dimana tambang pasir silika di Indonesia? Diantaranya adalah Provinsi Kalimantan Barat, Sumatra Barat, Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Sementara itu, endapan pasir kuarsa tersebar dari ujung sumatra hingga ujung timur nusa tenggara. Berikut ini merupakan daerah yang memiliki potensi pasir kuarsa : Asahan, (Sumatra Utara) potensi sumberdaya terukur sebesar 225 ribu ton, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir (Riau) potensi sumberdaya terukur 5,4  juta ton dan sumberdaya hipotetik sebesar 85 juta ton, Tanah Datar , Sawahlunto, dan Solok potensi sumberdaya terindikasi (780 ribu ton), sumberdaya tereka ( 1,3 juta ton), sumberdaya hipotetik (3,7 ribu juta ton), Pulau Bangka dan Pulau Belitung sumberdaya terukur (59 juta ton), sumberdaya terindikasi (12 juta ton), sumberdaya tereka (10,7 juta ton), sumberdaya hipotetik (13,2 juta ton), Banten dan Sukabumi (Jawa Barat) sumberdaya terukur 5,5 juta ton , sumberdaya tereka 4,1 juta ton dan sumbedaya hipotetik 51 juta ton, Rembang (Jawa Tengah) sumberdaya terukur 572 ribu ton, sumberdaya hipotetik 1,4 juta ton. Tuban dan Sumenep (Jawa Timur) sumberdaya terukur 1,1 juta ton , sumberdaya tereka 886 ribu ton, dan sumberdaya hipotetik sebesar 2,7 juta ton. Sambas dan Sangau (Kalimantan Barat) sumberdaya hipotetik 330 juta ton . Banahan (Kalimantan Selatan ) sumberdaya hipotetik 49 juta ton. Kutai (Kalimantan Timur) sumberdaya terukur 810 ribu ton dan sumbedaya hipotetik 4 juta ton . Maros (Sulawesi Selatan) sumberdaya hipotetik sebesar 3,5 juta ton. Amanatun Utara (NTT) sumberdaya hipotetik 92 juta ton.

Berikut adalah video tambang pasir silika


Setelah di tambang pasir silika, lalu digunakan untuk apa saja ya? Diantara kegunaan pasir silika adalah filter air atau menyaring air. Di rumah atau di pabrik, pernahkah Anda melihat tabung-tabung filter air? Didalamnya terdiri dari beberapa lapisan material filter, salah satunya adalah pasir silika ini. Banyak filter air baik tradisional, DIY, maupun sistem filter modern menggunakan pasir silika, utamanya untuk menyaring lumpur dan kotoran makro, serta mengurangi TSS dan TDS. Untuk penggunaan yang lebih sehari-hari, pasir silika digunakan sebagai pasir kotoran kucing. Jika Anda memiliki kucing yang dipelihara di dalam rumah, tentu Anda tidak mau kan jika kucing Anda membuang kotoran di atas kasur atau dokumen penting Anda? Memanfaatkan pasir silika sebagai pasir kotoran kucing adalah pilihan yang tepat karena tidak akan menimbulkan becek dan kucing dapat dengan mudah mengubur kotoran tersebut.

tambang pasir silika
cek tambang pasir silika

Selama ini ADYWATER telah melayani kebutuhan pasir silika untuk filter air baik skala rumah tangga hingga industri. Bagi Anda yang berminat membeli pasir silika silakan hubungi:

022-7239019
0821 4000 2080
Pin BB:
29d2de88
32dbbfb0

e-Mail: adywater@gmail.com

Kantor:
Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, Kode Pos 11480

Bekasi:
Jalan Bintara Jayaraya No. 3 Bekasi Barat

Bandung:
Jalan Mande Raya No 26 Cikadut, Cicaheum Bandung

Surabaya:
Jalan S. Parman IVA No.8 Waru Sidoarjo (Depan Pendopo Lama Waru Sidoarjo) Daerah Belakang R.S Mitra Keluarga Waru Sidoarjo