Antrasit Tohkemy, Birm, Corosex, Ferrolite, MGS Plus, Pasir Aktif, Pasir Kuarsa/Silika, Zeolit, dll.

Mau Tahu 7 Kegunaan Pasir Kuarsa Selain Filter Air?

Mau Tahu 7 Kegunaan Pasir Kuarsa Selain Filter Air?

Mau tahukah Anda apa saja kegunaan pasir kuarsa di industri selain filter air? Pasir kuarsa yang dapat ditemukan di pantai-pantai daerah Lampung atau Bangka yang tersebar begitu banyak sering kali diremehkan dan dianggap tidak ada manfaatnya ya. Begitu pula dengan sebagian kekayaan alam di dunia ini, banyak yang menganggap tidak bermanfaat sebelum diketahui melalui penelitian dan pengembangan (r&d). Baru ketika orang mengeksplorasi, memanfaatkannya dalam teknologi, seperti halnya pasir kuarsa ini orang baru melihat manfaatnya.

Kegunaan pasir kuarsa di industri sangatlah banyak, meskipun mungkin sebagian besar klien ADY WATER membelinya untuk filter air saja, yaitu berfungsi dalam menyaring tanah, lumpur, dan juga partikel baik kecil maupun besar. Padahal, kegunaan pasir kuarsa ini sangat banyak, dan di artikel ini ADY WATER akan memberikan Anda 7 kegunaan pasir kuarsa terpenting di industri.

kegunaan pasir kuarsa
kegunaan pasir kuarsa digunakan salah satu perusahaan di Area Samarinda yang membeli pasir kwarsa ke ADYWATER

Kegunaan Pasir Kuarsa Pertama: Penyaring Air

Pasir kuarsa paling umum digunakan sebagai salah satu layer dalam sistem penyaringan air karena sifatnya yang dapat menyaring kotoran besar (makro) dan mengurangi TDS (Total Dissolved Solid atau TSS (Total Suspended Solid) dari air hingga mendekati 0%. Dengan berkurangnya TDS dan TSS, otomatis berkurang juga turbidity (kekeruhan) yang menjadikan air hasil penyaringan secara visual tampak jernih, meski tidak menutup kemungkinan masih ada kontaminan lain seperti kontaminan kimiawi dan kontaminan biologis. Kegunaan Pasir kuarsa untuk filter air diaplikasikan mulai dari yang sederhana seperti filter air DIY hingga sitem filter air industri. Diantara yang sederhana adalah seperti pada video berikut ini:


Kegunaan Pasir Kuarsa kedua: Sandblasting

Kegunaan pasir kuarsa untuk sandblasting sangatlah cocok, bahkan karena menggunakan pasir kuarsa awal-awallah, metode ini disebut sebagai sandblasting (penembakkan pasir). Menggunakan pasir kuarsa, sandblasting dapat membersihkan, menghilangkan coretan, cat, karat, dan kotoran lainnya. Penembakan tersebut menimbulkan efek abrasif (pengamplasan) secara fisik. Berbeda dengan menggunakan teknologi pembersihan kimiawi yang sering kali berbahaya akibat reaksi kimia atau terpaparnya kulit pada bahan kimia berbahaya, Anda tidak perlu terlalu khawatir akan hal itu. Namun bukan berarti sandblasting ini tidak memiliki prosedur kemanan. Diantara prosedur kemanan dalam melakukan sandblasting adalah menggunakan google, wearpack, sarung tangan tebal, serta sepatu boots professional.
kegunaan pasir kuarsa
kegunaan pasir kuarsa adalah untuk sandblasting

Kegunaan Pasir Kuarsa ketiga: Pembuatan lapangan futsal

Buat Anda yang suka bermain futsal, tahukah Anda bahwa dalam lapang futsal yang Anda injak dan bermain di atasnya dibangun dengan campuran pasir kuarsa dalam proporsi tertentu dengan cor semen? Mencampurkan pasir kuarsa dapat merekatkan lebih erat sehingga tidak mudah retak.

Kegunaan Pasir Kuarsa keempat: Industri keramik

Kegunaan Pasir Kuarsa dalam industri keramik adalah untuk meningkatkan resistensi temperatur saat dibakar di klin. Tentu saja, tanah liat memiliki resistensi yang tinggi. Namun untuk kondisi ekstrem, tetap harus menambahkan pasir kuarsa agar lebih tahan lagi.

Kegunaan Pasir Kuarsa kelima: Pasir hamster atau kucing

Kegunaan pasir kuarsa bagi Anda yang memiliki binatang peliharaan seperti kucing dan hamster adalah sebagai pasir hewan. Untuk kucing, tentu sebagai tempatnya membuang kotoran, sementara untuk hamster, sebagai tempat tinggalnya yang memberikan kehangatan dan kenyamanan dalam bergerak di dalam kandang.

Kegunaan Pasir Kuarsa keenam: Menguatkan Lem EPOXY

Pada manufaktur produk-produk tertentu, seringkali dieratkan antara dua permukaan dengan lem epoxy. Namun, lem epoxy ini lemah terhadap temperatur karena akan dengan mudah meleleh. Menggunakan pasir kuarsa, lem akan menguat sehingga tidak mudah leleh.

Kegunaan Pasir Kuarsa ketujuh: Pembuatan Kaca

Salah satu kegunaan pasir kuarsa utama adalah dijadikan bahan baku pembuatan kaca, gelas, piring, dan barang pecah belah lainnya. Hal ini karena pasir kuarsa memiliki kandungan Silicon Dioksida (SiO2) yang sangat banyak dan digunakan dalam pembuatan barang-barang tersebut.

Selama ini ADYWATER telah melayani kebutuhan pasir kuarsa untuk skala rumah tangga hingga industri. Bagi Anda yang berminat membeli pasir kwarsa silakan hubungi:

022-7239019
0821 4000 2080
Pin BB:
29d2de88
32dbbfb0

e-Mail: adywater@gmail.com

Kantor:
Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, Kode Pos 11480

Bekasi:
Jalan Bintara Jayaraya No. 3 Bekasi Barat

Bandung:
Jalan Mande Raya No 26 Cikadut, Cicaheum Bandung

Surabaya:
Jalan S. Parman IVA No.8 Waru Sidoarjo (Depan Pendopo Lama Waru Sidoarjo) Daerah Belakang R.S Mitra Keluarga Waru Sidoarjo