Antrasit Tohkemy, Birm, Corosex, Ferrolite, MGS Plus, Pasir Aktif, Pasir Kuarsa/Silika, Zeolit, dll.

Ini Dia 9 Tahapan Cara Kerja Mesin Sandblasting!

Bagaimana Cara Kerja Mesin Sandblasting?


Anda ingin mengetahui bagaimana cara kerja mesin sandblasting? Artikel ini akan menjelaskan kepada Anda secara rinci bagaimana cara kerja mesin blasting untuk Anda gunakan membersihkan karat dan kotoran dengan prosedur yang baik, benar, dan tentunya aman. Hal ini karena jika Anda salah salam menerapkan cara kerja mesin sandblasting, maka bisa terjadi kerusakan mesin, jamming, bahkan lebih parah bisa melukai Anda atau rekan kerja. Jika Anda menggunakan sandblasting mini di rumah, bisa terjadi kemungkinan melukai keluarga yang Anda cintai jika tidak berhati-hati. Oleh karena itu, Anda harus mengikuti 9 tahapan cara kerja mesin sandblasting yang disajikan di artikel ini.

Oh ya, sebelum berbicara mengenai 9 tahapan cara kerja mesin sandblasting, jika Anda ingin mem beli mesin sandblasting dengan berbagai kapasitas, Anda bisa membelinya di ADY WATER.
sebelum mem beli mesin sandblasting, Anda harus pahami cara kerja mesin sandblasting 


Pengertian Mesin Sandblasting

Pengertian mesin sandblasting adalah mesin yang dapat menembak atau menyemprotkan pasir dengan tekanan tinggi, oleh karena itu alat ini disebut sebagai sandblast (sand = pasir, blast = tembak). Mesin sandblasting ini digunakan untuk membersihkan karat atau cat yang menempel pada logam. Banyak aplikasinya, misalnya membersihkan karat pada mobil tua, membersihkan karat pada perkakas dan alat-alat kecil, membersihkan corat-coret vandalisme pada tembok bata, dan seterusnya.

Cara Kerja Mesin Sandblasting

Ada 10 tahapan cara kerja mesin sandblasting, yaitu sebagai berikut:

Tahapan 1 Cara Kerja Mesin Sandblasting

Pastikan area sandblasting steril dari sesuatu yang tidak berhubungan dengan operasi. Barang-barang kecil seperti kunci-kunci, obeng, rantai, dan sebagainya harus dipindahkan ke tempat yang semestinya, juga peralatan seperti bor, amplas, gurinda. Termasuk juga area harus steril dari orang-orang sekitar. Minimal, area 3x3 meter harus dialokasikan untuk melakukan sandblast agar debu yang berterbangan tidak mengganggu orang yang berada di situ.

Tahapan 2 Cara Kerja Mesin Sandblasting

Siapkan mesin sandblasting dengan semua aksesorisnya yang diperlukan seperti kompresor, bak pasir, selang, nozel.

Tahapan 3 Cara Kerja Mesin Sandblasting

Masukkan pasir yang telah disiapkan dimasukkan ke dalam bak pasir, yang umum digunakan adalah pasir kuarsa/pasir silika. Jangan memasukkan lebih dari 80% dari volume bak pasir untuk memberikan ruang vakum udara. Anda bisa mengisi kembali jika volume pasir kuarsa sudah berkurang hingga 40%. Jangan menggunakan mesin sandblasting sampai betul-betul 0% karena bisa merusak mesin jika digunakan tanpa ada pasir di dalamnya atau sangat sedikit pasir di dalamnya yang tersisa.

Tahapan 4 Cara Kerja Mesin Sandblasting

Setelah pasir kuarsa dimasukkan maka katup bak pasir dibuka. Katup inilah yang menjadi jalur keluar bak pasir sebelum dan selama di beri tekanan udara melalui nozel.

Tahapan 5 Cara Kerja Mesin Sandblasting

Nyalakan mesin kompresor. Mesin kompresor yang digunakan adalah mesin kompresor listrik yang sumber energinya berasal dari generator listrik atau Anda bisa menginput ke listrik PLN.

Tahapan 6 Cara Kerja Mesin Sandblasting

Pasir bertekanan  tinggi akan keluar melalui nozel. Hati-hati dalam memegang selang karena tekanan tinggi bisa membuat recoil (hentakan) sehingga jika Anda tidak kuat memegangnya, selang akan melompat dan berputar-putar. Tekanan pasir pada ujung nozel akan berkurang tergantung panjang selang yang digunakan. Semakin pendek selang maka semakin besar pula tekanannya.

Tahapan 7 Cara Kerja Mesin Sandblasting

Penggunaan nozel tidak boleh terlalu dekat atau terlalu jauh dengan plat yang akan dibersihkan. Jika terlalu dekat, akan menimbulkan debu yang sangat berlebihan. Sementara jika terlalu jauh, efek abrasifnya tidak akan bekerja. Menggunakan mesin sandblasting harus hati-hati dan tidak boleh dimain-mainkan.

Tahapan 8 Cara Kerja Mesin Sandblasting

Plat yang terkena sandblasting akan mengikis. Pengikisan ini akan menumbulkan tekstur kasar yang sangat berpengaruh pada hasil pengecatan setelah sanblasting. Bisa kemudian dihaluskan menggunakan gerinda setelah selesai sandblasting sebagai tahapan finishing

Tahapan 9 Cara Kerja Mesin Sandblasting

Setelah semua plat selesai di sanblasting maka sebelum dilakukan pengecatan permukaan plat harus disemprotkan udara bertekanan guna menghilangkan debu-debu yang kemungkinan masih menempel pada permukaan plat, yaitu menggunakan kompresor tadi namun tidak berisi pasir kuarsa.

Selain mesin sandblasting berkapasitas 150 kg pada sales ads di atas, kami juga memiliki stock mesin sandblasting 250 kg untuk pekerjaan yang lebih besar.
Alat Sandblasting
Cek harga alat sandblasting kapasitas 250 kg

Harga mesin sandblasting

Jika Anda berminat untuk membeli mesin sandblasting ini, silakan hubungi ADY WATER di:
0
22 723 8019
022 6372 4915
0856 2476 9005
0821 2742 4060 (Ghani Ramdhani)
0821 2742 3050 (Rusmana)
0821 4000 2080 (Fajri Nur Adrianto)
0812 2165 4304 (Yanuar Nurrachman Latief)
0812 2445 1004 (Kartiko Chahyo Laksono)
0822 1620 7911 (Uven Sumpena)
0857 2352 9677 (WA)
0818 0906 4845 (WA)
0813 2259 9149 (WA)
7C232720 (BBM)
D37C4B8D (BBM)

e-mail: adywater@gmail.com

Kantor Pusat Bandung:
Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Kantor Cabang Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat 11480

Kantor Cabang Surabaya:
Jalan Jend. S. Parman Gg. IVA No.8, Waru, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61256

Kantor Cabang Bekasi:
Jalan Bintara Jaya Raya No. 3, Bekasi Barat 17136

Untuk melihat produk Ady Water yang lain, Anda bisa masuk ke website:
www.adywater.com
www.karbonaktif.org
www.alatlab.org