Antrasit Tohkemy, Birm, Corosex, Ferrolite, MGS Plus, Pasir Aktif, Pasir Kuarsa/Silika, Zeolit, dll.

Apa Itu Pasir Silika? Baca Lengkapnya Di Sini!

Apa Itu Pasir Silika? Baca Lengkapnya Di Sini!

Apa itu pasir silika? Mungkin Anda pernah mendengar tentang apa itu pasir silika dari artikel-artikel yang Anda temui di internet, termasuk ADY WATER, yang menjual pasir silika sebagai salah satu produk utama di water treatment. Agar tidak bingung, kami mengkompilasi penjelasan mengenai pasir silika di artikel ini, sehingga memberikan pemahaman utuh pada Anda mengenai apa itu pasir silika.


Apa Itu Pasir Silika?

Pasir silika adalah kuarsa yang rapuh dan hancur menjadi granula kecil akibat erosi dan pengikiran air dan udara selama selang beberapa waktu. Pasir silika komersial digunakan di industri penyulingan minyak dan gas alam dalam teknik konvensional dan unkonvensional. Pasir silika juga digunakan dalam proses industri untuk membuat produk sehari-hari seperti kaca, bahan konstruksi, produk personal care, elektronik, dan lain-lain.


Apa Itu Pasir Silika Industri?

Terminologi ini biasanya diterapkan pada pasir silika dengan kemurnian tinggi dengan ukuran yang sudah seragam dengan cara diayak (sieving) menggunakan mesin ayak (sieving machine) dalam satuan mesh.

Apa itu pasir silika (SiO2)? SiO2 atau silikat dioksida adalah nama yang diberikan pada grup mineral yang terdiri dari silikon dan oksigen. Kebanyakan ditemukan di alam dalam bentuk kristalin, meskipun ada juga yang dalam bentuk amorf baik diakibatkan cuaca ataupun fosilisasi plankton.

Dimana letak tambang pasir silika? Biasanya pasir silika ditambang di permukaan dengan operasi open pit, meskipun ada juga operasi penambangan bawah tanah. Beberapa tambang pasir silika di Indonesia seperti Bangka dan Lampung di tambang di permukaan. Mineral yang diekstrak kemudian diproses untuk meningkatkan kemurnian silika dengan cara menghilangkan pengotor. Pasir silika yang sudah dimurnikan lalu diayak ke dalam ukuran-ukuran tertentu, seperti mesh 8, mesh 16, mesh 40, mesh 100, dan mesh 200.


Apa Itu Pasir Silika
apa itu pasir silika mesh 100-200? Yaitu pasir silika bubuk

Apa Itu Pasir Silika
apa itu pasir silika mesh 14-20? Yaitu pasir silika dengan ukuran kacang

Apa Itu Pasir Silika
apa itu pasir silika mesh 6-8? Yaitu pasir silika krikil/granul
Untuk kebutuhan industri dan manufaktur, pasir silika yang dibutuhkan setidaknya harus memiliki kemurnian SiO2 sebesar 95%. Silica sangat keras dan inert (sulit bereaksi dengan bahan kimia lain) serta memiliki titik leleh yang tinggi, sehingga biasa digunakansebagai campuran material yang harus dipanaskan dalam suhu tinggi. Kualitas fisik pasir silika ini sangat dibutuhkan di pengolahan logam dan sistem filter. and filtration systems.


Kegunaan Untuk Apa Itu Pasir Silika?


Pembuatan Kaca
Pasir silika adalah komponen utama untuk pembuatan kaca standar dan khusus. Pasir silika memberikan formula SiO2, sementara tingkat kemurniannya akan menentukan warna, kejernihan, dan kekuatannya. Pasir silika industrial digunakan untuk membuat kaca datar untuk bangunan dan otomotif, kontainer makanan dan minuman, serta peralatan makan.


Apa Itu Pasir Silika
Untuk apa itu pasir silika? Salah satunya membuat gelas minum, produk yang setiap hari Anda gunakan
Pengolahan Logam
Pasir silika industri digunakan di pengolahan logam ferrous dan non-ferrous. Bagian logam mulai dari blok mesin hingga keran wastafel digunakan menggunakan cetakan pasir silika dan tanah liat untuk membentuk rangka luar, diikat dengan resin untuk membentuk rangka dalam. Titik fusi silika yang tinggi (1760°C) dan rendahnya laju ekspansi termal silika memproduksi inti yang stabil dan cetakan yang cocok untuk berbagai temperatur lelehan. 
Apa Itu Pasir Silika
Untuk apa itu pasir silika? Salah satunya membuat cetakan untuk lelehan logam

Produk Kimia
Produk kimia berbahan dasar silicon adalah fondasi dari ribuan aplikasi sehari-hari mulai dari pemrosesan makanan, sabun, hingga pewarna tekstil. Dalam kasus ini, SiO2 direduksi menjadi logam silikon menggunakan tungku pembakar bersuhu esktrem. Pasir silika industrial adalah komponen utama untuk sodium silicate, silicon tetrachloride, and silicon gels.
untuk apa itu pasir silika? Bahan dasar pembuatan silica gel, salah satu produk gas treatment yang dijual di ADY WATER
Konstruksi
Pasir silika industrial adalah salah satu komponen utama untuk aplikasi pembuatan berbagai bangunan dan proyek konstruksi. Pasir silika digunakan dalam lantai, cor-coran, semen khusus, stucco, atap, permukaan anti licin, dan lain-lain. Berikut adalah video campuran pasir silika industrial dengan berbagai rasionya.
 


Sistem Filter Air
Sebagian besar kustomer ADY WATER mem beli pasir silika untuk kebutuhan filter air ini. Mengapa dibutuhkan pasir silika untuk filter air, baik untuk pemrosesan air minum, air limbah, dan produksi air dari sumur? Pasir silika digunakan pada lapisan filter pertama, untuk menyaring tanah, lumpur, sampah, pecahan kayu, dan kotoran makro lainnya. Biasanya digunakan dua lapisan, yang pertama adalah mesh 6-8 (granul/gravel), dilanjut dengan mesh 100 (bubuk).

Apa Itu Pasir Silika
Untuk apa itu pasir silika? Yaitu sistem filter air

Begitulah rincian penjelasan mengenai apa itu pasir silika beserta aplikasi-aplikasinya. Bagi Anda yang ingin membeli pasir silika ke ADY WATER dengan harga murah, baik eceran satu karung atau dalam skala tonase, silakan hubungi:
022 723 8019
022 6372 4915
0856 2476 9005
0821 2742 4060 (Ghani Ramdhani)
0821 2742 3050 (Rusmana)
0821 4000 2080 (Fajri Nur Adrianto)
0812 2165 4304 (Yanuar Nurrachman Latief)
0812 2445 1004 (Kartiko Chahyo Laksono)
0822 1620 7911 (Uven Sumpena)
0857 2352 9677 (WA)
0818 0906 4845 (WA)
0813 2259 9149 (WA)
7C232720 (BBM)
D37C4B8D (BBM)

e-mail: adywater@gmail.com

Kantor Pusat Bandung:
Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Kantor Cabang Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat 11480

Kantor Cabang Surabaya:
Jalan Jend. S. Parman Gg. IVA No.8, Waru, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61256

Kantor Cabang Bekasi:

Jalan Bintara Jaya Raya No. 3, Bekasi Barat 17136