Ady Lab: Alat Laboratorium pH Meter HI 9126 | 0821 4000 2080 | Jual pH Meter Hanna Instruments Murah | pH Meter Air Tanah Industri WWTP Kolam Renang - pasirsilika.com: Jual Pasir Silika - Harga Pasir Silika - Membran RO - Jual Resin Kation Anion
Dapatkan Ilmu, Info, dan Konsultasi Gratis Seputar Water & Air Treatment, Pengolahan Limbah, Media Filter, Produk dan Jasa Pengolahan Limbah, Lampu UV Sterilisasi air dan Ozone Generator, Membran Reverse Osmosis, Cartridges, dll di Channel Telegram Adywater. Silakan Klik gambar di bawah ini.
Channel Telegram Adywater

Ady Lab: Alat Laboratorium pH Meter HI 9126 | 0821 4000 2080 | Jual pH Meter Hanna Instruments Murah | pH Meter Air Tanah Industri WWTP Kolam Renang

Alat Laboratorium pH/ORP Meter Hanna Instruments HI 9126 | 0821 4000 2080 | Jual Alat Laboratorium pH/ORP Meter Hanna Instruments Murah Jakarta, Bekasi, Bandung, Surabaya, Bangka, Lampung
jual ph meter digital, jual ph meter air, jual ph meter tanah, jual ph meter murah, jual ph meter hanna, jual ph meter dan tds, harga ph meter, harga ph meter portable, harga ph meter air kolam, harga ph meter hanna instrument, harga ph meter air, harga ph meter hidroponik
Ady Water jual pH meter Hanna HI 9126

Ady Water jual pH Meter Hanna untuk Filter Air Minum, RO, Kolam, Hidroponik, WWTP, WTP, dan lain-lain.
Salah satu parameter air yang paling penting untuk dimonitoring dan dikontrol di industri adalah pH. pH atau potential hidrogen berkaitan dengan konsentrasi ion H+ di dalam air yang diukur dengan hubungan:

Rumus untuk menentukan pH adalah:
pH = -log[H+]

Artinya semakin besar konsentrasi ion H+ di dalam air, pH akan semakin kecil. Asam kuat memiliki pH lebih rendah sama dengan 1.

Sebelum kita mengenal aplikasi pH meter untuk filter air minum, RO, kolam, hidroponik, dan industri, mari kita mengetahui terlebih dahulu apa itu pH meter.


Pengertian pH Meter
pH meter adalah Alat Laboratorium yang cukup terkenal dan sering dipakai mulai di rumah – rumah untuk mengecek ph air , depot isi ulang, kolam renang , hingga industri.

Pengertian PH meter adalah sebuah alat elektronik yang berfungsi untuk mengukur pH (derajat keasaman atau kebasaan) suatu cairan (ada elektroda khusus yang berfungsi untuk mengukur pH bahan-bahan semi-padat).


Ady Water jual pH meter hanna, apera, lutron, horiba, ionix: untuk air minum, RO, hidroponik, WTP, WWTP, kolam
Sejarah pH Meter
Alat pH meter sebenarnya cukal bakalnya sudah dimulai sejak lama. Kala itu, di tahun 1906, pH meter sistem elektrik ditemukan pertama kalim oleh Max Cremer. Cremer mencoba melihat hubungan antara ion hidrogen dengan arus listrik.

Ternyata, percobaannya membuah hasil. Cremer melihat terjadi tegangan listrik dari interaksi aktivitas ion hidrogen yang dihubungkan ke sebuah sel. Dalam percobaan itu perangkat yang dipakai Cremer adalah gelembung kaca tipis yang diisi larutan, yang selanjutnya disatukan bersama larutan lain. Dari sinilah, kemudian tegangan listrik itu muncul.

Jual pH Meter Hanna - 0821 4000 2080

Temuan Cremer menginspirasi Firtz Haber dan Zygmunt Klemsiewcz. Mereka mengembangkannya dan kemudian tercapai kesimpulan adanya fungsi logaritma yang dihasilkan oleh gelembung kaca tersebut.

Akhirnya, temuan tersebut berkembang dari tahun ke tahun. Arnold Orville Beckman, seorang asisten profesor Kimia di California Institue of Technology, menemukan cara yang akurat dan tepat untuk mengukur derajat keasaman. Percobaannya dilakukan pada jus lemon produksi California Fruit Growers Exchange, yang dikenal membawa merek Sunkist. Jus tersebut diukur dan didapatkan derajat keasamannya.

Temuan ini lantas membuat Beckman membawanya ke ranah komersial dan jadilah perusahaan Beckman Instruments Company, yang sekarang dikenal dengan Beckman Coulter.Tahun 1936, alat ini dirilis di Amerika Serikat. Sementara itu, di Denmark, alat pH meter dibuat oleh perusahaan Radiometer dan dijual pada tahun yang sama.

Alat pH meter mempunyai prinsip kerja mengukur derajat keasaman berdasarkan potensial elektro kimia yang muncul antara larutan dalam elektroda gelas dengan larutan di luar elektroda ge;as yang tidak diketahui. Lapisan tipis ada gelembung kaca bereaksi bersma ion hidrogen kecil namun aktif.

Selanjutnya, potential of hydrogen terlihat dari situ, yaitu elektroda gelas mengukur potensial elektrokimia yang keluar dari ion hidrogen. Elektroda pembanding juga disiapkan agar sirkuit elektrik menjadi lengkap. Yang diukur oleh pH meter adalah tegangan listriknya, bukan arusnya.

Cara Kerja PH Meter dan Cara Kalibrasi pH Meter
PH meter yang biasa terdiri dari pengukuran probe pH (elektroda gelas) yang terhubung ke pengukuran pembacaan yang mengukur dan menampilkan pH yang terukur.

Prinsip kerja dari alat ini yaitu semakin banyak elektron pada sampel maka akan semakin bernilai asam begitu pun sebaliknya, karena batang pada pH meter berisi larutan elektrolit lemah. Alat ini ada yang digital dan juga analog. pH meter banyak digunakan dalam analisis kimia kuantitatif.

Probe pH mengukur pH seperti aktifitas ion-ion hidrogen yang mengelilingi bohlam kaca berdinding tipis pada ujungnya. Probe ini menghasilkan tegangan rendah (sekitar 0.06 volt per unit pH) yang diukur dan ditampilkan sebagai pembacaan nilai pH.

Jual pH Meter Hanna - 0821 4000 2080

Rangkaian pengukurannya tidak lebih dari sebuah voltmeter yang menampilkan pengukuran dalam pH selain volt. Pengukuran Impedansi input harus sangat tinggi karena adanya resistansi tinggi (sekitar 20 hingga 1000 MΩ) pada probe elektroda yang biasa digunakan dengan pH meter.
Ady Water jual pH meter air, pH meter digital, pH meter portable
Rangkaian pH meter biasanya terdiri dari amplifier operasional yang memiliki konfigurasi pembalik, dengan total gain tegangan kurang lebih -17. Amplifier meng-konversi tegangan rendah yang dihasilkan oleh probe (+0.059 volt/pH) dalam unit pH, yang mana kemudian dibandingkan dengan tegangan referensi untuk memberikan hasil pembacaan pada skala pH.

Jual pH Meter Hanna - 0821 4000 2080

Untuk pengukuran yang sangat presisi dan tepat, pH meter harus dikalibrasi setiap sebelum dan sesudah melakukan pengukuran. Untuk penggunaan normal kalibrasi harus dilakukan setiap hari. Alasan melakukan hal ini adalah probe kaca elektroda tidak diproduksi e.m.f. dalam jangka waktu lama.

Kalibrasi harus dilakukan setidaknya dengan dua macam cairan standard buffer yang sesuai dengan rentang nilai pH yang akan diukur. Untuk penggunaan umum buffer pH 4 dan pH 10 diperbolehkan.

pH meter memiliki pengontrol pertama (kalibrasi) untuk mengatur pembacaan pengukuran agar sama dengan nilai standard buffer pertama dan pengontrol kedua (slope) yang digunakan menyetel pembacaan meter sama dengan nilai buffer kedua. Pengontrol ketiga untuk men-set temperatur.

Dalam penggunaan pH meter ini, Tingkat keasaman/kebasaan dari suatu zat, ditentukan berdasarkan keberadaan jumlah ion hidrogen dan ion hodroksida dalam larutan. Yang dapat dinyatakan dengan persamaan:
pH = – log [H+] pOH = – log [OH-] pH = 14 – pOH

Keuntungan dari penggunaan pH meter dalam menentukan tingkat keasaman suatu senyawa adalah:
1. Pemakaiannya bisa berulang-ulang
2. Nilai pH terukur relatif cukup akurat

Instrumen yang digunakan dalam pH meter dapat bersifat analog maupun digital. Sebagaimana alat yang lain, untuk mendapatkan hasil pengukuran yang baik, maka diperlukan perawatan dan kalibrasi pH meter. Pada penggunaan pH meter, kalibrasi alat harus diperhatikan sebelum dilakukan pengukuran.

Seperti diketahui prinsip utama pH meter adalah pengukuran arsu listrik yang tercatat pada sensor pH akibat suasana ionik di larutan. Stabilitas sensor harus selalu dijaga dan caranya adalah dengan kalibrasi alat. Kalibrasi terhadap pHmeter dilakukan dengan: Larutan buffer standar : pH = 4,01 ; 7,00 ; 10,01

Urutannya sebagai berikut:
Sebelum menggunakan alat pH meter, terlebih dahulu lakukan proses kalibrasi. Sesuaikan alat menggunakan standar pH (buffer pH), yaitu larutan dengan nilai keasaman yang sudah diketahui untuk berbagai tingkatan suhu.

Standar pH punya nilai yang cenderung konstan atau tetap dan tidak gampang berganti, sehingga menjadi larutan penyangga pH (buffer pH). Langkah-langkah untuk melakukan kalibrasi dilakukan dengan cara berikut ini:
  • Siapkan larutan buffer pH diangka pH 7 dan pH 4.
  • Buka tutup plastik elektroda yang ada.
  • Bersihkan elektroda memakai air De Ionisasi (DI) atau air tanpa ion, lalu keringkan memakai tisu bersih.
  • Aktifkan tombol on/of pada pH meter.
  • Elektroda yang sudah bersih dimasukkan ke dalam larutan buffer dengan pH 7
  • Selanjutya, tekan tombil CAL dua kali yang dilanjutkan memutar elektroda. Tujuannya agar larutan buffer menjadi homogen.
  • Layar display akan bergerak angka. Tunggulah hingga angka tersebut berhenti bergerak atau tidak berubah angka lagi.
  • Lanjutkan dengan menekal tom CAL sekali hingga tulisan CAL pada layar display tidak berkedip lagi.
  • Setelah itu, keluarkan elektroda dari buffer pH 7 dan bersihkan air DI dan keringkan pakai tisu.
  • Lanjutkan dengan memasukkan elektroda ke dalam larutan buffer yang punya pH 4.
  • Tekan tom CAL dua kali dan putar elektroda agar larutan menjadi homogen.
  • Angka pada display akan bergerak dan tunggu hingga angka diam
  • Teruskan dengan menekan CAL sekali lagi dan biarkan sampai display tulisan CAL berhenti berkedip.
  • Angkat elektroda dari larutan pH 4, bilas dengan air DI, lalu keringkan memakai tisu.
  • Setelah itu, Anda akan melihat sebelah bawah pH meter menunjuk angka 7 dan 4. Jika tampilannya seperti itu, maka proses kalibrasi berhasil dengan buffer pH 7 dan pH 4

Jual pH Meter Hanna - 0821 4000 2080

Ketika alat pH meter sudah dikalibrasi, maka sudah bisa digunakan untuk mengukur derajat keasaman suatu larutan lain yang belum diketahui nilainya. Untuk mengukurnya, bisa dijelaskan dengan langkah-langkah berikut ini:
  • Sediakan larutan yang akan dicari derajat keasamannya.
  • Sebelum diukur, pastikan suhu larutan itu sama dengan suhu larutan yang dikalibrasi sebelumnya. Misalnya jika kalibrasi dilakukan dengan suhu larutan 21 derajat celcius, maka demikian pula pengukuran memakai larutan dengan suhu yang sama.
  • Buka penutup elektroda, bersihkan dengan air DI, lalu keringkan elektroda memakai tisu.
  • Hidupkan pH meter dan masukkan elektroda ke larutan sampel yang diukur. Lalu, putar elektroda agar larutan menjadi homogen.
  • Teruskan dengan menekan tombol MEAS untuk mengukur. Sementara itu, pada display muncul tulisan HOLD yang berkedip. Tunggu saja sampai tulisan berhenti berkedip.
  • Setelah itu, angka pH akan muncul di layar. Pengukuran selesai dan pH meter bisa dimatikan.
Ady Water jual pH Meter Untuk Pengolahan Limbah Industri dan Domestik
jual ph meter digital, jual ph meter air, jual ph meter tanah, jual ph meter murah, jual ph meter hanna, jual ph meter dan tds, harga ph meter, harga ph meter portable, harga ph meter air kolam, harga ph meter hanna instrument, harga ph meter air, harga ph meter hidroponik
Ady Water jual pH meter untuk industri dan pengolahan limbah yaitu pH meter HORIBA PH 110
Setiap industri diwajibkan memiliki sistem Wastewater Treatment Plant atau sistem pengolahan limbah atau Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Yang dimaksud adalah semua industri dan domestik atau rumah tangga, termasuk di dalamnya:

Rumah susun, penginapan, asrama, pelayanan kesehatan, lembaga pendidikan, perkantoran, perniagaan, pasar, rumah makan, balai pertemuan, arena rekreasi, permukiman, industri, IPAL kawasan, IPAL permukiman, IPAL perkotaan, pelabuhan, bandara, stasiun kereta api,terminal dan lembaga pemasyarakatan.

Aturannya sesuai dengan beberapa aturan berikut:
1. UU No 32 thn 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup
2. PP NO 82 TAHUN 2001 TENTANG PENGELOLAAN KUALITAS AIR DAN PENGENDALIAN PENCEMARAN AIR
3. PERATURAN MENTERI LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN REPUBLIK INDONESIA tahun 2016 tentang BAKU MUTU AIR LIMBAH DOMESTIK

Masih banyak juga peraturan termasuk peraturan daerah yang mengatur mengenai sistem pengolahan limbah pada industri.

Salah satu persyaratan air limbah adalah terkait parameter pH air limbah yang dibuang. Misalnya pada LAMPIRAN I PERATURAN MENTERI LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR P.68/Menlhk-Setjen/2016 TENTANG BAKU MUTU AIR LIMBAH DOMESTIK, pada tabel disebutkan bahwa parameter air limbah domestik memenuhi:


pH max 6-9
BOD max 30 mg/L
COD max 100 mg/L
TSS max 30 mg/L
Minyak & lemak max 5 mg/L
Amoniak max 10 mg/L
Total coliform max 3000 jumlah/100 mL
Debit max 100 L/orang/hari

Tentu saja persyaratan ini bisa berbeda tergantung limbahnya. Untuk limbah industri tekstil, persyaratannya diatur dalam aturan lainnya atau aturan-aturan khusus/tambahan.

Begitu juga industri kelapa sawit, industri tinta, industri baja, industri pertambangan, industri otomotif; semuanya memiliki aturan-aturan tambahan di samping aturan umum terkait dengan pengolahan limbah industri.

Mengapa persyaratan pH penting pada air limbah? Hal ini karena pH air limbah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat merusak lingkungan dan dapat menimbulkan dampak merugikan.

Misalnya di daerah Rancaekek, kabupaten Bandung, terdapat banyak industri seperti industri tekstil dan garmen. Sumber-sumber penghasil pH pada industri tekstil meliputi proses:

-Scouring
-Bleaching
-After-Treatment
-Final washing process

Jika air limbah tidak ditreatment dengan baik, maka pH air limbah akan merusak air tanah, air sungai, atau tempat-tempat lain yang dijadikan sebagai pembuangan air limbah.

Oleh karena itu, industri wajib memiliki pH meter untuk mengecek kadar pH air limbah yang dihasilkan, apakah sudah memenuhi persyaratan atau tidak.

Jual pH Meter untuk Industri dan Air Limbah - 0821 4000 2080

Ady Water jual pH Meter Untuk Kolam Renang
Apakah ada diantara Bapak Ibu Om Tante yang memiliki hobi berenang? Berenang memang aktivitas yang menyenangkan dan menyehatkan, tapi jika Anda berenang di kolam renang umum, tentunya harus memberikan perhatian lebih.

Pada kolam renang umum, itu bercampur puluhan hingga ratusan orang yang kita tidak mengetahui bukan? Keringat, sel kulit mati, urine, virus, bakteri, kuman bisa bercampur di dalam air kolam renang.

Makanya sistem filter air dan disinfeksi pada kolam renang baik kolam renang umum maupun pribadi harus selalu berjalan. Salah satu parameter yang harus dimonitoring dan dikontrol pada air kolam renang adalah nilai pH nya.
jual ph meter digital, jual ph meter air, jual ph meter tanah, jual ph meter murah, jual ph meter hanna, jual ph meter dan tds, harga ph meter, harga ph meter portable, harga ph meter air kolam, harga ph meter hanna instrument, harga ph meter air, harga ph meter hidroponik
Ady Water jual pH Meter Hanna untuk air kolam renang 
Nilai pH yang tinggi akan mengakibatkan:
- Disinfeksi klorin kurang bagus
- Iritasi kulit
- air menjadi keras (karena lime/kalsium)
- air berkabut

Nilai pH yang rendah akan mengakibatkan:
- air agresif, merusak komponen mekanik kolam renang
- Iritasi mata
- Merusak pool liner

Nilai pH yang baik untuk air kolam renang adalah pH = 7.2 - 7.6. Ini adalah konsentrasi pH netral, baik untuk manusia maupun untuk komponen.

Jual pH Meter untuk Kolam Renang - 0821 4000 2080

Jika Anda mengukur pH air kolam renang dan mendapatkan nilai pH tinggi, turunkan menggunakan sodium bisulphate.

Sebaliknya, Anda naikkan nilai pH air kolam renang menggunakan sodium carbonate.

Ady Water jual pH Meter Tanah
Aplikasi pH meter yang telah disebutkan di atas adalah untuk pH meter air. Ada juga yang disebut pH meter tanah. Seperti apa ya bentuknya? Apa kegunaan pH Meter tanah? Yuk simak Bapak Ibu Om Tante.
jual ph meter digital, jual ph meter air, jual ph meter tanah, jual ph meter murah, jual ph meter hanna, jual ph meter dan tds, harga ph meter, harga ph meter portable, harga ph meter air kolam, harga ph meter hanna instrument, harga ph meter air, harga ph meter hidroponik
Ady Water jual ph Meter Tanah untuk perkebunan, ladang, sayuran, buah merek TAKEMURA DM5
Ady Water jual pH meter tanah untuk kebun sawit, kebun tomat, kebun teh, kebun singkong, kebun ketimun, dan semua tanaman apapun. Mengapa?

Karena tanah adalah media tanam sehingga setiap parameter tanah tentunya berkaitan dengan tumbuh-kembangnya tanaman. Dan salah satu parameter tanah yang paling penting adalah nilai pH tanah.

pH tanah adalah pengukuran keasaman dan kebasaan tanah. Rentang level pH berasal dari 0 - 14,dengan 7 adalah netral, di bawah 7 asam, dan di atas 7 basa.

Rentang pengukuran pH untuk sebagian besar tanaman adalah antara 5.5 - 7.0; meskipun banyak juga tanaman yang bisa hidup di luar rentang pH tersebut.

Level pH penting karena mengontrol banyak proses kimia yang terjadi pada tanah, khususnya ketersediaan nutrisi, sehingga penting untuk mengontrol pH agar tanaman Anda tumbuh secara optimal.

Tanah menjadi asam saat elemen basa seperti calcium, magnesium, sodium dan potassium ditahan oleh koloid tanah digantikan oleh ion hidrogen. Tanah terbentuk pada kondisi curah hujan tinggi akan lebih asam dibandingkan tanah pada kondisi gersang.

Tanah yang terbentuk pada kondisi curah hujan rendah cenderung basa dengan pembacaan pH tanah sekitar 7.0 ke atas.

Diantara faktor-faktor yang mempengaruhi pH tanah adalah:

1. Hujan
2. Pupuk nitrogen
3. Jenis Tanaman

Faktor yang mempengaruhi pH tanah: Hujan
Huja berkontribusi pada keasaman tanah. Air berkombinasi dengan karbon dioksida membentuk asam lemah: asam karbonat (H2CO3). Asam lemah terionisasi, melepaskan ion hidrogen (H+) dan bikarbonat (HCO3). Ion hidrogen menggantikan ion calcium dan diikat dengan koloid tanah, menyebabkan tanah menjadi lebih asam.

Ion calcium (Ca++) kemudian berkombinasi dengan ion bicarbonate membentuk calcium bicarbonate. Efek akhirnya adalah meningkatnya keasaman tanah.

Faktor yang mempengaruhi pH tanah: Pupuk Nitrogen
Level Nitrogen mempengaruhi pH tanah. Sumber nitrogen: - pupuk, pupuk kandang, kacang-kacangan - mengandung atau membentuk ammonium. Hal ini meningkatkan keasaman tanah kecuali tanaman secara langsung menyerap ion ammonium.

Semakin besar laju pemupukan nitrogen, semakin besar pengasaman tanah. Saat ammonium berkonversi menjadi nitrat pada tanah (nitrifikasi), ion H terlepas.

Jual pH Meter Tanah - 0821 4000 2080

Untuk setiap pounds nitrogen menjadi ammonium, 1.8 pounds calcium carbonate murni menetralisasi keasaman residual. Juga, nitrate yang terbentuk dapat berkombinasi dengan kation basa seperti calcium, magnesium dan potassium. Saat basa ini tergantikan oleh ion H, tanah menjadi lebih asam.

Faktor yang mempengaruhi pH tanah: Tanaman
Kacang-kacangan seperti kacang kedelai, alfalfa, dan clovers cenderung lebih banyak mengambil kation dibandingkan anion. Ini menyebabkan ion H terlepas dari akar tanaman untuk menjaga keseimbangan electrochemical. Hal ini menyebabkan pengasaman tanah.

Untuk mengukur pH tanah, Ady Water jual pH meter tanah Takemura DM 5.
jual ph meter digital, jual ph meter air, jual ph meter tanah, jual ph meter murah, jual ph meter hanna, jual ph meter dan tds, harga ph meter, harga ph meter portable, harga ph meter air kolam, harga ph meter hanna instrument, harga ph meter air, harga ph meter hidroponik
Ady Water jual pH meter tanah Takemura DM 5 di Bandung, Jakarta
Harga Jual PH METER
adyLAB Jual PH METER merek HANNA, HORIBA, LUTRON, HACH khususnya digital ph Meter. Silahkan hubungi sales ady water di 081322 599149 , 0857 235 29677, 0821 4000 2080 untuk konsultasi gratis sama sales adyLAB.

adyLAB merupakan perusahaan distributor alat-alat laboratorium yang berkembang sangat cepat sekali. Kami telah mengirimkan ke seluruh indonesia.

Untuk informasi dan pemesanan hubungi:

Jual pH Meter Hanna - 0821 4000 2080

0812 2445 1004 (Kartiko)
0813 2259 9149 (WA)
adywater@gmail.com

=================================

Jika Anda membutuhkan media filter untuk Water & Gas Treatment, silakan kunjungi web official Ady Water di:
http://www.adywater.com
http://www.karbonaktif.org
http://www.pasirsilika.com
http://www.pasirkuarsa.org

Untuk kebutuhan alat-alat lab untuk pengukuran berbagai parameter dalam Water & Gas Treatment, silakan kunjungi web official Ady Lab di:
http://www.alatdometer.com
http://www.bodcodmeter.com
http://www.turbidutymeter.com
http://www.tocanalyzer.net
http://www.conductivitymeter.net

Untuk kebutuhan produk dan jasa pengolahan limbah, silakan kunjungi web official Ady Wastewater di:
http://www.pengolahanlimbah.com

Untuk kebutuhan lampu UV Sterilisasi air dan Ozone Generator, silakan kunjungi web official Ady Lab di:
http://www.uvwater.id

=================================

Kantor Pusat Bandung:
Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Kantor Cabang Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480

Kantor Cabang Jakarta 2:
Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.13/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830

====================================

Anda bisa mengikuti Ady Water di jaringan sosial media berikut:
Facebook
https://www.facebook.com/adylab/
http://www.facebook.com/adywater/
http://www.facebook.com/adyWATERadyLAB/

==================================

Anda bisa mendatangi cabang kami di alamat berikut:
Ady Water Bandung
https://goo.gl/maps/1pxxAb9hJYB2

Ady Water Jakarta Barat
https://goo.gl/maps/8oFcqgjW4mw

Ady Gas
https://goo.gl/maps/dxH7ev1whuFVSpxv8

Ady Lab
https://g.page/ady_lab_ph_do_orp_tds_toc_meter

jual lampu UV
https://g.page/AdyWaterLampuUv

Jual Pasir Silika Aquascape
https://goo.gl/maps/4X89hJk9NtjBCHAN9

Ady Water Ciracas

https://maps.app.goo.gl/DqFug6kKjX4P3K2u9

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai pH meter, silakan Anda kunjungi web khusus pH meter dan artikel-artikel review kami di:

Harga pH Meter
Harga pH Meter Hanna Instruments
Harga pH Meter Apera
Harga pH Meter Kolam Ikan
Harga pH Meter Hidroponik

Subscribe to receive free email updates: