Whatsapp

Ahok: Jakarta Akan Sulit Air Bersih selama......


Ahok bilang Kota Jakarta yang dipimpinnya akan sulit air bersih selama...

 
Pencemaran di Ciliwung, Ahok: Jakarta Akan Sulit Air Bersih
Tim susur Sungai Ciliwung saat membersihkan sampah pada acara peringatan Hari Ciliwung di Sungai Ciliwung, Condet, Jakarta, 11 November 2015. TEMPO
 
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan kini kondisi sungai-sungai di Jakarta memprihatinkan karena telah tercemar. “Hampir semua warga membuang sampah ke hulu sungai,” kata Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota, Kamis, 12 November 2015.

Menurut Ahok, pencemaran sungai inilah yang membuat Jakarta kerap kesulitan air bersih karena tidak memiliki stoknya. “Air PAM kita diolah enggak? Sekarang saya tanya, sungai-sungai kita, seperti Ciliwung, bisa enggak dipakai buat air PAM? Pastinya enggak. Padahal Ciliwung enggak pernah kering walaupun kemarau,” ujar Ahok.


Ahok juga mengatakan bahwa pencemaran sungai akan berdampak pada suplai air bersih, termasuk air minum di Jakarta. Untuk menangani masalah ini, dia menekankan pentingnya memiliki sistem pengolahan air limbah sendiri. “Kamu enggak akan pernah cukup air bersih kalau kamu enggak punya pengolahan air limbah,” tutur Ahok.

Untuk menanggulangi pencemaran air ini, Ahok menyarankan setiap warga memakai sistem pengolahan limbah. “Perumahan dan PAM harusnya juga mulai mengembangkan teknologi reverse osmosis (pemurnian air tanah dalam),” ucap mantan Bupati Belitung Timur ini.

Selain itu, menurut Ahok, pencemaran sungai membuat ikan hasil tangkapan nelayan merosot. "Dulu zaman kakek saya mancing di Ciliwung banyak ikan loh. Sekarang di tepi laut masih ada ikan enggak? Karena apa?" kata Ahok.

Ahok bahkan mempertanyakan pernyataan para nelayan yang mengaku hasil tangkapan mereka merosot akibat reklamasi yang dilakukan di Teluk Jakarta. "Itu karena reklamasi atau karena pencemaran dari 13 sungai?" ujar Ahok.


--------------------------------------
Untuk info dan pemesanan hubungi :

022-7239019
0821 4000 2080
0856 2476 9005
0857 2352 9677
0813 2259 9149
Pin BB: 29d2de88
              32dbbfb0


e-Mail:
adywater@gmail.com

Kantor :

Surabaya :

Jalan S. Parman IVA No.8 Waru Sidoarjo  ( Depan Pendopo Lama Waru Sidoarjo ) Daerah Belakang R.S Mitra Keluarga Waru Sidoarjo

Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT: 01 Rw: 08 Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah. Jakarta Barat Kode Pos: 11480

Bandung:
Jalan Mande Raya No 26, Cikadut, Cicaheum Kota Bandung

Bekasi :
Jalan Bintara Jayaraya No. 3 Bekasi Barat
advertise
advertise
advertise
advertise