Media Filter Pedia Tohkemy, Birm, Manganese Greensand Plus, Pasir Aktif, Pasir Silika, Zeolit

Ferolite Tohkemy Mau Awet?? | Jual Ferolite Tohkemy

Filter pasir silika , Filter pasir aktif ferolite tohkemy/birm/manganese greensan plus, Filter karbon aktif  pernah mengalami masalah seperti ini ????? silahkan simak cerita di bawah ini ....

Beberapa Minggu Lalu saya di telphone oleh salah satu costumer Ady Water, yaitu perusahaan pemasok filter untuk rumah tangga kelas premium. Perusahaan ini banyak membeli resin kation purolite, Karbon aktif Calgon, karbon aktif jacobi, hingga karbon aktif norit .

Tidak hanya itu, pasir aktif yang digunakan juga merek ferolite tohkemy Jepang. Pada saat menelpon, bos perusahaan ini menanyakan berapa umur/usia Ferolite Tohkemy yang pernah di beli? Saya langsung menjawab minimal 1 tahun, dan bisa sampai 2 tahun.

Umur pasir aktif ferolite tohkemy  tergantung kualitas air kotor, dan cara pakai pasir aktif ferolite tohkemy ini . Beliau menjawab, saya melakukan semua informasi dari Pak Ady, yaitu menjaga free kloron 0,3 PPM setelah keluar dari tangki ferolite.Ooh bagus bagus, jawab saya.

Pada awal pemakaian semua berjalan baik. Sekarang ini meski sudah diBackWash berkali-kali, dan kandungan free klorinnya dijaga  pada 0,3 ppm tetap jelek, sedangkan usia ferolite baru 4 bulan. "kenapa ini  terjadi?" tanya beliau.

Karena saya kenal baik dengan costumer saya ini, dan sangat percaya dengan semua info yang diberikan, lalu saya sampaikan konsep sederhana "neraca massa"

Ilmu "neraca  massa" yang pernah saya pelajari di jurusan tekhnik kimia di PTN Bandung sangat membantu fenomena ini. Berikut Penjelasannya:

Massa air masuk  = Massa air keluar
Air bersih + zat besi + zat mangan + berbagai pengotor lainnya = Massa air keluar

kita balik yaa...

Massa air keluar     = Air bersih + zat besi + zat mangan + berbagai pengotor lainya.

zat besi ,zat mangan , pengotor lainnya di sebut sebagai zat pengotor saja ,MAKA :

Massa air keluar = air bersih + zat pengotor

Saat air bersih keluar dari tabung ferolite, kita jarang bertanya, di mana posisi zat pengotor?

Zat Pengotor itu tertahan di tabung filter. Fungsi backwash adalah mengeluarkan semua zat pengotor itu dari dalam tabung filter, tapi tidak semuanya (kurang dari 100%) yang keluar. Pengotor yang tidak keluar ini ( pengotor yang tertinggal di dalam tabung ) akan menutupi bahan aktif  ferolite tohkemy yang akhirnya ferolite tohkemy tidak berfungsi optimal.

Solusinya :  bongkar isi tangki ferolite dan cuci bersih dengan air bersih (air keluaran).
 setelah costumer Ady Water ini melakukan semuanya , hasilnya sangat memuaskan beliau.

Semoga info sederhana ini bisa membantu anda apabila memiliki permasalahan yang sama... salam...
Ferolite Tohkemy